Spanyol Vs German: Tim Matador Berhasil Kalahkan Tuan Rumah 2-1

Laporan redaksi

Stuttgart – Spanyol hancurkan tuan rumah Jerman 2-1 lewat babak extra time dalam pertandingan perempat final Euro 2024 di MHP Arena, Jumat (5/7) malam WIB.

Bermain di Stuttgart Arena, Spanyol langsung tancap gas sejak awal laga. Baru dua menit laga berjalan, Pedri mengancam gawang Jerman dengan tendangan mendatarnya namun bola masih bisa diamankan Neuer.

Peluang pertama Jerman hadir melalui sundulan Kai Havertz di menit ke-21, namun bola terlalu lemah dan bisa ditangkap dengan nyaman oleh Simon.

Di menit ke-35, Havertz kembali mengancam setelah umpan panjang Antonio Rudiger berhasil ia sambar dengan tendangan mendatarnya, namun lagi-lagi bola bisa mudah diamankan Simon.

Di sisa babak pertama ini, Spanyol mengancam melalui sejumlah tembakan jarak jauh yang bisa diamankan oleh Neuer. Sehingga skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Spanyol mampu unggul lewat gol yang dicetak Dani Olmo pada menit ke-51. Gol berawal dari pergerakan Lamine Yamal di sisi kanan lalu merangsek ke kotak penalti dan memberikan umpan kepada Dani Olmo yang langsung melepaskan tembakan ke sudut kanan gawang Jerman. Spanyol unggul 1-0 atas Jerman.

Pada menit ke-89 secara dramatis Jerman mampu menyamakan skor menjadi 1-1 lewat gol Florian Wirtz. Florian Wirtz mencetak gol lewat sontekan usai meneruskan umpan sundulan Joshua Kimmich. Tendangan Wirtz sempat membentur tiang gawang sebelum menjadi gol.

Pada babak pertama tambahan waktu, Spanyol nyaris saja memulihkan keunggulan andai sepakan kaki kiri Mikel Oyarzabal tak menyamping tipis dari gawang Manuel Neuer.

Tak lama berselang, giliran Jerman mengancam. Florian Wirtz nyaris mencetak gol keduanya. Akan tetapi, sepakannya pada menit ke-105+1 masih melebar.

Awal babak kedua extra time diawali dengan momen Marc Cucurella yang sekilas tampak menghentikan bola dengan tangannya di area kotak penalti Spanyol. Namun, setelah berkomunikasi dengan wasit di ruang VAR, sang pengadil asal Inggris, Anthony Taylor, memutuskan tidak ada yang salah dengan blok Cucurella.

Satu menit sebelum babak tambahan waktu kedua berakhir, Timnas Spanyol berhasil mencetak gol. Dani Olmo melepaskan umpan silang, dan Mikel Merino yang tidak dijaga dengan leluasa melepaskan tandukan dan menjadi gol. Spanyol unggul 2-1 atas Jerman.

Timnas Jerman langsung tancap gas. Mereka mencoba untuk menyamakan kedudukan, namun skor 2-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.