Perayaan HUT Sorong Selatan ke 16 Lapangan Trinati di Padati Masyarakat

Laoran Jurnalis : Hermanus Sagisosolo

posberitanasional.com, Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) pada tanggal 6 Agustus 2019, genap berusia 16 tahun. Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sorsel ke-16 ini berlangsung meriah dan penuh hikmat di Lapangan Trinati Teminabuan. Momen perayaan itu dilalui dengan apel bersama dan penghormatan Pataka Kabupaten Sorsel, dipimpin oleh Bupati Samsudin Anggiluli, SE.

Bupati Sorsel, Samsudin Anggiluli dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Sorsel resmi menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2002, serta diresmikan secara lokal pada tanggal 6 Agustus 2003. Kehadiran Pemerintah Sorsel sampai saat ini, telah berhasil melaksanakan berbagai program pembangunan di segala bidang.

Diantaranya pembangunan di bidang kesehatan, lanjutnya, pemerintah telah membangun berbagai fasilitas layanan kesehatan. Mulai dari tingkat Posyandu, Pustu, Puskesmas dan RSUD Scholoo Keyen Teminabuan. Pemerintah pun menyediakan tenaga medis yang tersebar merata di semua fasilitas kesehatan.

Hut ke 16 Kab Sorsel Jurnalis Posbernas saat Lipsus

Dalam acara ini selanjutnya Samsudin Anggiluli mengatakakan   bidang pendidikan, pemerintah telah membangun berbagai sekolah dan terus berupaya melengkapi tenaga pendidik yang memadai dan merata. Disamping itu, Pemda Sorsel memfasilitasi putera-puteri berprestasi Sorsel mengikuti Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM), serta Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) yang dibiayai dengan Dana Otonomi Khusus (Otsus).

Sedangkan untuk pembangunan infastruktur jalan dan jembatan juga terus ditingkatkan, kata Samsudin, sehingga terbuka keterisolasian masyarakat dari kampung ke ibu kota distrik dan ke ibu kota kabupaten di Teminabuan. Demikian juga pemberdayaan ekonomi masyarakat, tidak luput dari perhatian program pembangunan daerah.

“Termasuk dalam tiga setengah tahun belakangan, pembangunan di Kabupaten Sorong Selatan sudah mengalami banyak perubahan kemajuan, walau masih ada juga kekurangan di sana sini. Pada kesempatan ini saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sorong Selatan yang selalu memberikan masukan dan koreksi yang baik, demi peningkatan pembangunan yang lebih baik ke depan,” ungkap bupati.

Dalam perayaan dan syukur HUT Kabupaten Sorsel ke- 16 ini diwarnai dengan pemotongan kue HUT, dihadiri Gubernur Papua Barat yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan Drs. Muhammad A. Tawakal, unsur Forkopimda, TNI-Polri, ASN, para pelajar dan perwakilan masyarakat dari 15 distrik dan 121 kampung di Kabupaten Sorsel.