GUBERNUR AAL PIMPIN PAPARAN PENULISAN SKRIPSI TARUNA AAL.

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 16/9/19, Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. memimpin paparan penulisan dan penilaian skripsi Taruna di ruang rapat R. Soebijakto AAL, Bumimoro Surabaya, Senin (16/9). Hadir pada paparan tersebut, seluruh pejabat utama AAL, para pembimbing dan segenap pendukung AAL.

Dalam paparan tersebut, Gubernur AAL mengatakan bahwa dalam melaksanakan penelitian untuk penulisan skripsi bagi Taruna dan Taruni AAL, hendaknya disesuaikan dengan profesi mereka kedepan menjadi perwira TNI Angkatan Laut.

Gubernur AAL berharap, peran besar dari pembimbing dalam mengarahkan Taruna dan Taruni AAL untuk melaksanakan penelitian, menentukan judul dan penulisan skripsi yang berkaitan dengan Armada, Lantamal, Puspenerbal, Pasmar, Arsenal dan Labinsen, khususnya yang berada di wilayah Surabaya, serta disesuaikan dengan profesi dan Korps mereka selama menjalani pendidikan di Akademi Angkatan Laut.

“Dengan demikian, Taruna dan Taruni AAL dalam menuangkan tulisan penelitian ilmiah kedalam bentuk skripsi, tidak keluar dari koridor yang telah ditentukan dan sesuai dengan harapan organisasi TNI Angkatan Laut. Sekaligus dapat memberi masukan yang sangat berguna bagi kemajuan serta kebesaran TNI Angkatan Laut, bangsa dan negara Republik Indonesia”.

Gubernur AAL juga mengatakan, dalam penulisan tata naskah, hedaknya dibuat dengan bagus, tertata rapi dan serius, mulai dari mengajukan judul, proposal sampai dengan penulisan skripsi, sehingga saat ujian dapat sebagai bukti bahwa telah disetujui melalui diposisi pembimbing guna melanjutkan kepada ujian skripsi secara obyektif.

Ditambahkan, Taruna dan Taruna AAL bisa mengambil teori yang sudah ada ataupun bebas mengambil teori manapun. “Asalkan penelitian dan penulisan skripsi Taruna berkaitan dengan di Armada, Lantamal, Puspenerbal, Pasmar, Labinsen dan Arsenal”, kata Gubernur AAL mengingatkan.

“Selain itu, untuk kedepan dalam melaksanakan metode penelitian akan diberikan kepada Taruna pada semester 2”.

Dalam paparan tersebut, juga dilaksanakan diskusi dan pembahasan secara timbal balik antara Gubernur AAL dan Kepala Departemen dan segenap pembimbing Taruna AAL guna memberi masukan bagi kedepannya penilaian dan penulisan skripsi Taruna yang sesuai harapan.

Kabagpen AAL Letkol Laut (KH) Ag Imam Setiadi, S.Sos., M.M.