Helmy Sutan Hadir Sebagai Peserta Turnamen Biliard Bupati Cup I Halbar

Laporan Jurnalis : Asirun

Halmahera Barat _ Peraih Medali Perunggu pra-PON Biliard Nasional Helmy Sutan Panduko ambil bagian dalam Turnamen Biliard Bupati Cup I Tahun 2019 yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar).

Kehadiran Helmy dalam Turnamen tersebut sebagai peserta Klas Utama yang akan ikut berkompetisi dalam turnamen tersebut yang di buka secara resmi oleh Bupati Halbar Danny Missy di Aula Bidadari Kantor Bupati Halbar Sabtu (21/09/2019).

Samsudin Senin selaku ketua panitia memebenarkan soal keikutsertaan Helmy dalam turnamen Biliyard Bupati Cup I (satu) Di Kab. Halhabr

“Iya benar Yang nama helmy itu prnah raih medali perunggu di pra-PON biliard Nasional, hari ini beliau disini sebagai peserta Kelas Utama dalam Turnamen ini,” Ungkap Samsudin

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Halmahera Barat yang dipercayakan menjadi ketua panitia dalam Turnamen tersebut mengatakan, maksud dan tujuan dari pelaksanaan turnamen itu adalah untuk mensosialisasikan olahraga billiard di masyarakat Halbar. mengingat olahraga ini merupakan salah satu olahraga dengan event terbesar di indonesia.

“dengan dilaksanakannya open turnamen ini diharapkan para pecinta billiard di halmahera barat semakin banyak dan berminat untuk mengikuti turnamen yang dilaksanakan oleh pemda halbar serta dapat melahirkan bibit-bibit muda yang nantinya bisa diterjunkan ke event-event yang digelar oleh Popsi baik itu tingkat kabupaten, tingkat provinsi maupun tingkat nasional,” pungkasnya

Samsudin juga menambahkan turnamen ini dikategorikan menjadi dua, yaitu pemula yang dikhususkan kepada para peserta lokal di maluku utara dan Kelas Utama untuk senior atau level nasional yang diikuti oleh peserta dari kota manado, bitung, gorontalo, serta papua.

Sementara itu Bupati Danny Missy dalam sambutannya menyampaikan banyak potensi muda atlet billiard di halbar yang masih natural sehingga perlu di asah dengan turnamen seperti ini agar nantinya bisa berlaga di turnamen nasional.

“Dengan adanya Atlet dari luar Maluku Utara ini menjadikan Motivasi dan semangat bagi atlet lokal yang ikut berlaga pada turnamen bupati cup I ini,”Harapan saya kedepan akan dilaksanakan bupati cup II serta kita akan undang seluruh indonesia timur untuk mengikuti turnamen di bupati cup II”,

Saya ingin menjaring seluruh anak muda halbar yang punya potensi di bidang billiard di turnamen ini agar bisa tampil lebih baik dan melalui turnamen ini kita bisa menjaga kesatuan dan persatuan bangsa indonesia.”Tandasnya.

Terpisah salah satu peserta kelas utama asal Sulut Ramli Hasan
saat dikonfirmasi wartawan mengaku, Turnamen Bupati Cup I tersebut merupakan salah satu Turnamen Biliard yang mewah dirinya bahkan baru menemukan Turnamen Biliard yang digagas dengan baik dan mewah ini,” Saya ini aktif di biliar tapi turnamen ini sangat mewah dan begitu besar, umbul-umbul yang begitu bagus dihiasi di arena turnamen tersebut dapat menggugah skil para Atlet dalam permainan”.

Turut hadir dalam pembukaan Turnamen tersebut Bupati Danny Missy, Unsur SKPD, Kepala PLN Halbar Dika Firmansyah,Pabung Ternate Kodim Halbar Kapten Infanteri Nurcholis, Ketua Pobsi Provinsi Malut Basri Koroy, Ketua Harian Pobsi Halbar Atus Sandiang.