Sebanyak 4 Balon Bupati Halbar Mengikuti Fit and Propert Test di DPD Partai NasDem

Laporan Jurnalis : Asirun

Halmahera Barat _ Sebanyak empat bakal calon bupati dan dua bakal Calon wakil Bupati Kab. Halmahera barat, telah mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di DPD Partai Nasional Demokrasi (NasDem) Halbar.

Empat kandidat mengikuti fit and proper test yang diawali dengan pemaparan visi dan misi oleh masing-masing balon bupati kemudian pendalaman materinya oleh para panelis.

Fit and proper test tersebut, digelar dalam satu hari yang di pusatkan di King Room terletak di desa Hatebicara kec.jailolo, Kab. Halbar.

Dalam fit and proper test tersebut diikuti oleh Empat Balon Bupati dan Dua Balon wabup tersebut, yakni Danny Missy (Ketua PDIP Halbar), Nikolaus Tangayo (Anggota DPRD Prov), Noldy B May (Politisi), Irwan Jaga ( Pengusaha). dan Balon Wabub, yakni Djufri Muhamad (Anggota DPRD Halbar), Bustamin Albar (pensiunan ASN).

Selaku panelis dalam Tes tersebut, yakni Dr. Moktar Adam (Akademisi Unkhair), Ismunandar aim Syah (Dari unsur DPW NasDem Maluku Utara).

Hasil Fit and propert test, DPD Partai Nasdem Kab. Halbar melakukan Pleno pada 1 November 2019. Pleno ini, tidak terlepas dari Pedoman Organisasi (PO) no 006 yang menjelaksan bahwa DPD Nasdem melakukan pleno dan menghasilkan 3 nama. Tiga nama ini akan dikirm ke DPW Partai Nasdem Prov Malut.

“Jadi pleno DPD in sesuai Dalam PO No 006 yang menjelaskan bahwa DPD Kabupaten hanya bisa memplenokan dan menghasilkan tiga nama Balon. dan tiga nama itu nanti akan di kirim ke DPW Partai Nasdem Provinsi dan kemudian DPW juga melakukan Pleno dan diikutsertakan dari DPD Nasdem kabupaten,” Kata Jufri Muhamad Selaku Ketua DPD Partai Nasdem Kab.Halbar. Selasa,(29/10/19).

Jufri juga menambakan, Terkait 3 nama yang suda di pleno oleh DPD NasDem Halbar, mungkin saja ada dari DPW Prov mengembangkan dan menetapkan, apakah masi ada penambahan Balon.

Jika keputusan dari DPW suda selesai maka dilanjutkan ke pengurus DPP untuk melakukan Fit dan properti test di awal bulan Desember. Untuk hasil keputusan rekomendasi penetapan dari DPP partai Nasdem itu jatu di awal januari 2020.

“Kemungkinan saja DPW Menyetujui tiga nama atau mungkin saja DPW Bisa Menamba. kata¬† jufri, misalnya ada calon yang mendaftar lewat DPW, Itu tergantung Keputusan DPW. jika suda selesai dari keputusan maka DPW melanjutkan ke pengurus DPP pada tanggal 8-9 November dan selanjutnya di lakukan Fit dan propert test, hasilnya nanti di umumkan pada awal januari 2020,” tuturnya

Rekomendasi Nasdem harus final. Kata Jufri, Karena syarat DPP Partai Nasdem harusnya Balon sudah mengantongi beberapa  rekomendasi dari partai lain sebelum menerima rekom dari partai Nasdem.

“Dalam pertimbangan atau sarat dalam DPP nanti minimalnya kandidat yang di usung minimalnya sudah mendapat beberpa partai pengusung.” Jelasnya