KPU Kab. Halbar Lounching Pilkada 23 September 2020

Laporan Jurnalis : Asirun

Halmahera Barat _ Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat (Kab. Halbar) resmi memulai seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 23 September 2020. Ditandai dengan launching bersama antara ketua KPU Prov Malut, Pemkab Halbar, KPU Halbar, Bawaslu Halbar, Unsur Forkopimda Kab. Halbar, Sri Sultan jailolo berlokasi di Festival Teluk Jailolo (FTJ) Kecamatan Jailolo. Kamis, (21/11/2019) sore.

Ketua KPU Miftahufin Yusup dalam sambutannya mengatakan, launching ini dilakukan berdasarkan peraturan KPU nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

“Sehingga pada kesempatan yang baik ini saya mengucapkan Terima kasih kepada Bupati Halbar, Forkompimda Halbar Dan Pimpinan Partai Politik dan mengucapkan terima kasih banyak telah menghadiri undangan Kami.Maka dengan ini, harapan Kami kiranya tekad dan semangat yang sama untuk mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020,” kata Mifta

Lanjutnya, Dalam Kesempatan itu Ketua KPU Halbar Mengucap terima kasi kepada pemda halbar karena suda mensuport anggran kegiatan KPU

“Kami Berterima kasi kepada Pemda Halbar yang suda mensuport anggaran kegiatan KPU ini,” ucpnya

Dikesempatan yang sama, Kapolres Halbar AKBP Aditya Laksimada mengatakan, dalam perspektif hukum sebuah pemilihan umum itu merupakan sebuah konflik yang dilegalkan. Sebab, berbicara tentang konflik akan ada dampaknya baik dari perselisihan yang muncul karena berbeda pilihan maupun tutur kata dalam berbicara terutama mengkampanyekan kandidat calon.

“Untuk itu kami unsur Polri yang nanti dibantu oleh TNI dengan wadah sentral Gakkumdu dengan Kajari sudah mendapat arahan maupun perintah untuk tegas dalam mengawal dan mengamankan pilkada Halbar,” tuturnya.

Sementara Bupati Halbar Danny menuturkan, acara launching pilkada serentak tahun 2020 ini merupakan tahun politik republik indonesia yang akan menyelenggarakan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah.

“Saya minta tetap pelihara suasana kondusif selama penyelenggaraan pemilu kada tahun 2020 nanti, agar pemilu kada ini bisa berjalan sukses, baik sukses penyelanggaraan maupun sukses menghasilkan pemimpin yang mampu melanjutkn kemajuan pembangunan dan kehidupan masyarakat yang lebih baik dan sejahtera, serta nantinya juga mendapatkan pemimpin Halbar yang benar-benar mampu mengemban amanah rakyat,” cetus Danny.

Terpisah, Ketua KPU Prov Malut Puja Sutamat mengatakan, pada tahun 2020 nanti akan ada pemilu serentak diseluruh indonesia sebanyak 270 daerah dan hari pencoblosan ditetapkan pada tanggal 23 September 2020.

“Kami berharap pada saat pencocokkan dan penelitian (coklit) semua warga masyarakat dapat terdata sehingga nantinya dapat memberikan hak suaranya pada pilkada serentak agar tahapan pemilu nantinya agar berjalan dengan sukses,” pungkasnya

Selesai dari sambutan tersebut, dilangsungkan dengan pelepasan Balon Lounching Pilkada 2020, ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasna balon udara.

Diketahui dalam peluncuran pilkada Halbar ini juga dihadiri. Ketua KPU Prov Malut, Bupati dan Wakil Bupati Halbar, KPU Halbar, Bawaslu Halbar,Sri Sultan Jailolo dan permaisurinya, Unsur Forkopimda Halbar,  kemudian, pimpinan OPD Pemkab Halbar, Camat, Kapolsek, Dandim, Perwakilan Organisasi di Kab. Halbar, serta masyarakat.