KODIM 1801/MANOKWARI GANDENG KESBANGPOL UNTUK MENCEGAH PEREDARAN/PENGGUNAAN MIRAS DAN NARKOBA

Laporan Jurnalis : Hermanus Sagisolo

Manokwari,-pos bernas.com Upaya pembekalan bagi generasi muda di wilayah Kabupaten Manokwari, kesatuan bangsa dan politik (kesbangpol) gelar penyuluhan pencegahan peredaran/penggunaan minuman keras dan Narkoba kepada Karang Taruna di Aula Hotel Holiday Park Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat, Selasa (05/11/2019).

Kegiatan Penyuluhan tersebut dibuka langsgung oleh Asisten II Bupati Manokwari Haryanto Ombesapo yang didampingi Dandim 1801/Manokwari Kolonel Inf J. Lumbantoruan, S.Sos, M.Si dan Kabang Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Manokwari Drs. Jaka Mulyanta. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan penyuluhan tersebut sebanyak 63 orang peserta dari Karang Taruna Kelurahan Sanggeng.

Tujuan dari penyuluhan tersebut menurut Dandim 1801/Manokwari, Kolonel Inf J. Lumbantoruan, S.Sos, M.Si, agar masyarakat terutama karang taruna dapat bekerja sama dengan pihak TNI dan Polri, dalam pemberantasan penyalahgunaan Narkoba dan Minuman Keras serta dapat sesegera mungkin melaporkannya kepada pihak yang berwajib agar diambil tindakan selanjutnya.

Pembukaan penyuluhan tersebut berjalan dengan baik dan dilanjut dengan pemberian materi oleh Pasi Ops Kodim 1801/Manokwari Kapten Inf D. Mendrofa dengan materi Peran TNI dalam menjaga Keutuhan NKRI.

Dalam meterinya Kapten Inf D. Mendrofa menyampaikan bahwa kondisi Bangsa Indonesia saat ini dengan berbagai dimensi pengaruh global yang merasuki hingga kepada tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Belum lagi peredaran narkoba yang sudah menjalar pada kehidupan anak-anak hingga orang dewasa, dari pejabat tingkat bawah hingga ketingkat atas sudah banyak yang terlibat pada pemakaian dan penyalahgunaan narkoba.

Diakhir materinya, Kapten Inf D. Mendrofa mengajak Karang Taruna agar peduli dan mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara yang kita cintai bersama ini dengan baik sesuai dengan bidangnya masing-masing.