Panen Padi, Danny Targetkan 2021 Terciptanya Ketpang di Halbar

Laporan Jurnalis : Asirun

Halmahera Barat _ Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy kembali turun ke lapangan guna melakukan panen Padi langsung dengan kelompok Tani Ake Nyigel di Desa Lolori dengan luas 15 Hektare

Pemerintah Daerah (Pemda) akan membuka akses untuk bagaimana beras milik masyarakat ini bisa jadi beras unggulan Halbar yang nantinya disebar ke toko-toko sembako yang ada di Halbar. Jelas Danny Missy di kokasi Panen beras. Selasa,(12/11/19).

“Untuk itu bagi setiap kelompok yang memanen padi, selain digunakan untuk makan, setengah dari hasil panen di usahakan bisa menghasilkan menjadi penghasilan para kelompok tani. Ini yang selalu saya ingatkan ke kelompok tani dan juga Kepala Desa agar hasil panen padi jangan hanya untuk di makan tetapi bisa juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pintanya.

Dilokasi tersebut, Danny langsung menunjuk koordinator untuk bertanggung jawab di setiap hasil panen padi yang ada di Desa Lolori. Agar nantinya bisa menjadi perpanjangan tangan antar kelompok tani dengan perusahaan daerah, dimana setiap hasil panen padi akan diambil langsung oleh perusahaan daerah (BUMD).

“Saya juga telah berkordinasi dengan pihak hypermart Ternate agar memasarkan beras dari kelompok tani Ake Nyigel Desa Lolori, serta memintah pihak BPOM untuk memeriksa dan melabelkan beras yang akan di pasarkan. Selain untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, Bupati Danny targetkan 2021 terciptanya ketahanan pangan (Ketpang) di Kab.Halbar”

Danny juga menghimbau Kepada Kades agar Dana Desa juga nantinya bisa dimanfaatkan untuk pengolahan sawah agar dapat meningkatkan kualitas padi yang unggul di Halmahera Barat.

“Sya juga menyampaikan kepada kepala desa agar manfaatkan Dana Desa (DD) untuk dimanfaatkan untuk Sawah agar hasilnya berkualitas,” katanya

Terpisa. Kepala Dinas Pertanian Pemkab Hakbar Totari Balatjai mengatakan bahwa hasil panen oleh kelompok Ake Nyigel desa loori dengan luas 15 ha dengan varietas M400 produksi 7,5 ton per/ha, varietas sarayu 3,5 ton/ha, varietas inpar 3 ton/ha. Produksi tertinggi varietas M400 merupakan yang tertinggi karena proses pertumbuhannya yang sangat baik.

“Untuk pengembangan di tahun 2020 kita usahakan bisa mencapai 40 ha karena lahan yang bisa digunakan untuk area persawahan di Desa Lolori sangat besar, sehingga target Pemkab di tahun 2021 Halbar bisa mencapai swasembada beras,” harap Totari

Dalam kegiatan panen padi padi tersebut Bupati Danny Missy langsung memberikan Satu buah mini traktor ke kelompok tani untuk menunjang sarana dan prasarana dalam pengembangan persawahan tersebut.