Satgas Lattek Jalayudha Tiba di Sorong, Terima Arahan Pangkoarmada III

Laporan Jurnalis Ibarahim

Posberitanasional.com, 14/11/19, Sorong-Satuan Tugas (Satgas) Latihan Praktek (Latek) Jalayudha Taruna AAL Tingkat IV Angkatan ke-65, menerima pengarahan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) Laksamana Muda TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M. di Gedung Serba Guna (GSG) Koarmada III Jl. Bubara No. 01 Klaligi Sorong. Rabu (13/11).

Satgas Jalayudha yang diikuti Lattek Taruna AAL Angkatan ke-65 tahun 2019 ini, dipimpin oleh Komandan Satgas Jalayudha yang juga selaku Komandan KRI AHP Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoaji.

Dalam pengarahan, Panglima Koarmada III meminta kepada Gubernur AAL, agar waktu kunjungan ke Koarmada III diperbanyak. “Karena saya ingin berbagi pengalaman kepada anak-anak saya, kepada adik-adik saya, generasi penerus calon-calon pemimpin TNI AL di masa yang akan datang”.

“Calon pemimpin masa depan yang harus diawali dari Taruna. Untuk menjadi Dansatgas Jalayudha tidak serta merta terjadi secara tiba-tiba, semua melalui proses. Begitu pula, menjadi Panglima Koarmada III, tidak terjadi secara tiba-tiba, tetapi melalui proses. Oleh karena itu, menjadi Taruna harus konsistensi, integritas, konsekuensi, dedikasi dan loyalitas”, kata Pangarmada III.

Ditambahkan, jika asal-asalan, jangan berharap bisa menjadi pemimpin atau orang yang berhasil. “Karena, semangat, integritas, konsekuensi harus kalian terapkan mulai sekarang”.

“Menjadi seorang Taruna, berarti sudah menjadi Putra Bangsa yang terpilih dan hal yang luar biasa. Tidak semua orang bisa bisa menjadi seperti kalian. Kalian adalah orang-orang yang terpilih. Oleh karena itu, sangat sayang dan naif, kalau kalian tidak bersyukur”, Kata Pangarmada III.

Menurut Pangarmada III, integritasnya kuat dan ingin mencapai sesuatu yang terbaik, harus ditanamkan pada diri setiap Taruna. Selain itu, harus berprestasi dan selalu bersyukur kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta harus sadar bahwa negara Indonesia ini ada karena berbagai perbedaan, karena keberagaman, suku, bahasa, adat istiadat dan lain sebagainya. “Kita harus bersyukur kepada negara, karena keberagaman itu. Betapa pentingnya kita memiliki kesadaran keberagaman. Oleh karena itu, terapkan sebuah moto untuk merekatkan keberagaman dalam kebersamaan, dan ini sangat dibutuhkan oleh negara sekarang, kalian juga harus merekatkan keberagaman itu, perbedaan jangan digesek, keberagaman jangan dipertentangkan, tidak kalah penting bersyukur kepada keluarga, karena orang-orang terdekat tercinta kalian juga pasti selalu mendoakan agar selalu sehat”.

“Kalian banyak menghadapi tantangan di Akademi, tantangan tersebut jangan dibiarkan, karena berlarut-larut akan menyerang dirimu. Jangan sekali-kali menghindari tantangan. Seorang Taruna juga jangan mudah menyerah, ketahanan mental kalian dapat mengambil tindakan antisipasi. Tantangan juga harus kamu hadapi serta kamu cegah. Dalam menjalankan organisasi lebih baik satu kali mengambil keputusan daripada 1000 kali hanya berpikir saja”, pesan Pangarmada III.

Sementara itu, Komandan Satgas Jalayudha Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoaji mengatakan, atas nama Satgas Jalayudha Taruna Akademi Angkatan Laut Angkatan ke-65, menghaturkan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Panglima Koarmada III beserta jajaran, atas sambutan yang luar biasa. “Kami melaksanakan lintas laut dari Bitung menuju ke Sorong, cuaca sangat bersahabat, Alhamdulillah kami tadi malam lego jangkar kemudian merapat pagi ini dalam keadaan aman, sekaligus ijin menyampaikan maksud tujuan dari pada pelayaran Jala Yudha tahun 2019 ini adalah untuk melatih dan mempraktekkan ilmu yang didapatkan oleh Taruna AAL Angkatan ke-65, yang pernah mereka terima selama pendidikan di Akademi Angkatan Laut. Diharapkan dapat mempraktekkan ilmu-ilmu sesuai dengan profesi mereka masing-masing dan menjadi kader pemimpin TNI Angkatan Laut di masa depan.

Ditambahkan, untuk pelayaran jalur tahun ini, agak berbeda dengan yang dahulu, karena dahulu Korps Marinir Taruna AAL ikut melaksanakan Jala Yudha bersama dengan Korps Taruna lain, yaitu Linla bersama sampai dengan selesai. Namun tahun ini, Korps Marinir Taruna AAL hanya melaksanakan pendaratan amfibi di Tanjung Jangkar. Dengan demikian, saat ini 20 personel Taruna Korps Marinir berangkat dari Surabaya tanggal 20 November 2019 menuju Tanjung Jangkar, yang nantinya juga bertemu Taruna Korps lainnya.

”Kami ijin kepada Panglima Koarmada III, melaksanakan rangkaian kegiatan Lattek Jalayudha di Sorong, seperti courtersy call ke Panglima Koarmada III, ke Forkopimda Sorong dan secara paralel juga melaksanakan promosi sekolah-sekolah SMA di Sorong. Selain itu, melaksanakan kirab kota, sekaligus berinteraksi dengan masyarakat setempat dan bersosialisasi, serta pesiar terpimpin”, kata Dansagas Jalayudha.

Komandan Satgas Jalayudha mengatakan, akan melaksanakan Lattek Jalayudha di Sorong, dari tanggal 11 November sampai dengan 16 November 2019. Dijelaskan pula, bahwa Jalayudha telah berjalan dari tanggal 1 November sampai dengan 1 Desember 2019, dengan rute, yaitu Surabaya, Bitung, Sorong, Makassar, Tanjung Jangkar dan kembali ke Surabaya. “Di Tanjung Jangkar, nanti Taruna Korps Marinir akan bergabung dengan Korps Taruna yang lain, dan mereka kembali ke Surabaya bersama-sama”.

Selanjutnya, perwakilan dari Taruna mengucapkan, terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Panglima Koarmada III, atas sambutan yang diberikan dan kami turut berbangga, karena ini adalah momen pertama kami berkunjung langsung ke Koarmada III, sehingga kami dapat mengetahui langsung bagaimana dan seperti apa. Dari kami, selaku perwakilan Taruna ijin untuk melaksanakan kegiatan di Sorong, juga ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Asisten Koarmada III dan Lantamal XIV”.

Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Latihan Praktek (Latek) Jalayudha Taruna AAL Tingkat IV Angkatan ke-65 berlayar dengan mengunakan KRI Abdul Halim Perdanakususma (AHP)-355 tiba di Sorong dan berlabuh di Dermaga Koarmada III Jl. Bubara No.01 Kel. Klaligi Distrik Sorong Manoi Kota Sorong, disambut dengan pengalungan bunga dari Wadan Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Robertus T. Warsito dan Wadan Pasmar-3 Kolonel Marinir Soeharijadi kepada Komandan Satgas Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoaji dan perwakilan Taruna AAL, serta Seruling Tambur.

Turut hadir pada acara penyambutan, Wadan Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Robertus T. Warsito, Wadan Pasmar-3 Kolonel Marinir Soeharijadi, Aspers Danlantamal XIV Kolonel Marinir Agus Sunardi, Aslog Danlantamal XIV Kolonel Laut (T) Wahyudin Arif, Dansatrol Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Indra Joko Rerangin, Ka Akun Lantamal Letkol Laut (S) Obednego Masikum, Pgs. Kadisyahal Lantamal XIV Letkol Laut (E) Joko S., Komandan KRI Albakora-867 Mayor Laut (P) Sony S., Danpomal Lantamal XIV Mayor Laut (PM) Didit Dwi Nugroho Santoso dan Pasiops Yonmarhanlan XIV Mayor Marinir Welliam David S.Halley

Kabagpen AAL Letkol Laut (KH) Imam Setiadi, S.Sos., M.M.