Gubernur AAL Lepas 97 Taruna Tingkat lV Lattek Magang KRI dan Pasukan

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 6/3/2020, Surabaya – Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. melepas 97 Taruna dan Taruni Tingkat IV Angkatan ke-65 untuk melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Magang KRI dan Latek Pasukan pada Jumat (6/3).

Upacara Pelepasan yang digelar di lapangan Banda, depan Gedung R. Soebijakto, Mako AAL, Surabaya ini, dihadiri para Pejabat Utama AAL dan perwira staf dijajaran AAL lainnya.

Dalam upacara tersebut, Danyon 3 Resimen AAL Letkol Laut (P) Rudy dan Perwira Depmar, Mayor Marinir Faris melaporkan kesiapan pelaksanaan Lattek yang akan berlangsung mulai tanggal 6 -29 Maret 2020 mendatang ini.

Lattek Magang di KRI Koarmada II diikuti 39 Taruna Kops Pelaut, 14 Taruna Korps Teknik, 15 Taruna Korps Elektronika dan 9 Taruna Korps Suplai yang akan di sebar di KRI I Gusti Ngurahrai-332, KRI Yos Sudarso-353, KRI Karel Satsuitubun-356, KRI Frans Kaisiefo-368, KRI Nagapasa-403, KRI Makasar-590, KRI Pulau Rengat-711 dan KRI Arun-903.

Sedangkan Lattek Pasukan yang diikuti 20 Taruna Korps Marinir akan dilaksanakan di Pasmar 2 Surabaya. Mereka akan di disebar di satuan-satuan Pasmar 2 Surabaya seperti di Brigif, Resimen maupun di Batalyon-batalyon dijajarannya.

Gubernur AAL mengatakan bahwa untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme perwira lulusannya, AAL harus memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada taruna/taruni sesuai dengan tuntutan penugasan awal di KRI/pendirat dan pasukan serta mampu mengembangkan pribadi sebagai kader pemimpin TNI/TNI AL, salah satu upayanya dengan melaksanakan Lattek Magang KRI dan Lattek Pasukan.

“Untuk Lattek ini, saya telah berkoordinasi dengan Pangkoarmada II dan meminta untuk Taruna Tingkat IV ini bisa ditempatkan di KRI yang terbaru dan berteknologi tinggi, sehingga setelah lulus menjadi perwira diharapkan bisa lebih siap untuk bertugas sebagai pengawaknya KRI,” terangnya.

Lattek Magang KRI lanjutnya, bertujuan untuk mempraktekkan pelajaran teori yang telah diterima di kelas, melaksanakan tugas sebagai Asisten Kepala Divisi di departemen KRI dalam mendukung kegiatan operasi KRI, sesuai dengan korps masing-masing, sedangkan Lattek Pasukan bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan dan keterampilan Taruna Tingkat IV Korps Marinir agar dapat melaksanakan tugas-tugas sebagai komandan peleton senapan marinir dengan baik dan benar.

“Selaku Gubernur AAL, saya mengucapkan selamat melaksanakan Lattek Magang KRI dan Pasukan, saya instruksikan kepada kalian untuk serius dan sungguh-sungguh melaksanakan Lattek sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan profesi kalian,” pintanya.

Selain itu, Ia menekankan untuk menjaga keamanan personel, material, perlengkapan serta memelihara tata tertib dan disiplin agar latihan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kemudian melaksanakan instruksi dan petunjuk pimpinan latihan untuk menjamin pelibatan dan partisipasi dalam seluruh rencana kegiatan yang telah diagendakan.

Gubernur juga menekankan untuk tetap jaga kondisi fisik dan mental dengan baik, hindari sikap, perilaku dan perbuatan yang dapat merugikan masyarakat, almamater maupun diri pribadi serta pelihara kerjasama dan kekompakan di antara para taruna/taruni dan awak kapal selama dalam pelayaran latihan. (Kabagpen AAL).