Gubernur AAL Tutup Latihan Praktek Taruna Magang KRI, Pasukan dan Pra Jalasesya

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 30/3/2020, Surabaya – Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksda TNI Edi Sucupto, S.E.,M.M, menyambut sekaligus meutup tiga Latihan Praktek (Lattek) yaitu, Mangang KRI untuk Taruna Tingkat IV Angkatan ke-65 Korps Pelaut, Teknik, Elektronika, Suplai (PTES), Lattek Pasukan Korps Marinir dan Lattek Pra Jalasesya bagi taruna Tingkat l Angkatan ke 68 yang digelar di Lapangan Aru, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya (30/3).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wagub AAL Brigjen TNI Endi Supardi, S.E. para Direktur AAL, para Kepala Departemen AAL, Komandan Resimen AAL pelatih dan pengasuh dijajaran Resimen AAL lainnya dengan pasukan upacara 1 Kompi GS Taruna AAL, 1 Kompi Taruna/ni Tk I, 1 Kompi Taruna/ni Tk IV (P,T,E,S) dan 1 Kompi Taruna/ni gabungan Tk III dan Tk II.

Gubernur AAL mengatakan dalam upaya meningkatkan kemampuan dan profesionalisme perwira lulusan AAL, institusi senantiasa memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada taruna/taruni sesuai dengan tuntutan penugasan awal di KRI/pendirat dan pasukan serta mampu mengembangkan pribadi sebagai kader pemimpin TNI/TNI AL.

Menurutnya, Lattek Magang KRI, bertujuan untuk mempraktekkan pelajaran teori yang telah diterima di kelas, melaksanakan tugas sebagai asisten kepala divisi di departemen KRI dalam mendukung kegiatan operasi KRI, sesuai dengan korps masing-masing.

Lattek Pasukan lanjutnya, bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan dan keterampilan taruna tingkat lV Korps Marinir agar dapat melaksanakan tugas-tugas sebagai komandan peleton senapan marinir dengan baik dan benar.

Sedangkan latihan praktek Pra Jalasesya untuk memberikan pengenalan pelayaran dengan KRI bagi taruna/taruni tingkat l AAL angkatan ke-68 yang telah ditetapkan dalam Prolakdik AAL tahun 2020, dengan tujuan untuk memperkenalkan secara langsung dasar kematraan, tradisi khas TNI AL dan kehidupan dinas dalam di KRI berlayar serta menumbuhkan jiwa bahari dan kejuangan sebagai calon prajurit matra laut.

“Dengan kembalinya kalian ke kesatrian AAL, segera sesuaikan diri dengan kehidupan dinas dalam di AAL, serta lanjutkan tugas belajar dan berlatih di AAL. disiplin dan ikuti semua ketentuan yang berlaku, saya berharap AAL kita semua mampu mempertahankan kondisi sehat hingga sekarang ini. untuk kondisi yang luar biasa ini dibutuhkan komitmen disiplin tanpa terkecuali dari kita semua,” terangnya.

Menghadapi situasi wabah covid 19, Gubernur AAL mengingatkan untuk jaga stamina, cukup istirahat, cukup makan dan minum vitamin yang telah dibagikan. Kemudian pelihara jaga kebersihan, sering cuci tangan. Tegakkan sosial distanching karena data klinis bagi carrier tidak menunjukan gejala, dan yang tertular terasa baru pada hari ke 4.

“Ingat proses penyebaran melalui droplet, yang merasa sakit gunakan masker segera berobat di TPS (bukan aib). Setiap waktu minum kopi, manfaatkan berjemur selama 15 menit. terus berdoa, semoga wabah ini segera berakhir, sehingga kegiatan dapat berjalan normal kembali seperti agenda Praspa, ACS, Internasional Cadet Seminar (ICS) dan KJK,” pungkasnya.