Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto – Surabaya, Smk Kal – 1 Terjun 2 Tim

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 17/11/19, SURABAYA – Sekolah Menengah Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1, mengikut sertakan 2 tim Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto-Surabaya serta beberapa siswa yang secara perorangan juga ikut serta menyemarakkan gerak jalan bersejarah ini. Sabtu (16/11).

Ke- 2 tim masing-masing terdiri dari 10 siswa campuran kelas X,XI dan XII yang sebelumnya telah melaksanakan latihan rutin di luar jam pembelajaran seminggu 4 kali. Regu pertama terdiri dari regu Osis dengan komandan pleton Ahmad Fermansyah, dan regu ke-2 regu pramuka dengan komandan pleton Guntur Romadhani.

Keberangkatan ke -2 tim tersebut mendapat apresiasi dari Kepala Sekolah SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, mereka diharapkan tetap semangat dan menjaga kekompakan dari start hingga finis, sehingga diharapkan akan tampil yang terbaik serta dapat mengharumkan nama sekolah SMK KAL-1.

Menurut Zaenal Leading Sector Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto-Surabaya mengatakan, pelaksanaan acara gerak jalan tahun ini memiliki sedikit perbedaan dengan tahun lalu. “Tahun lalu, yang dipertandingkan hanya Perorangan Putra-putri, Beregu Umum, Beregu TNI-Polri, Beregu Pelajar, serta Pakaian Perjuangan Putra dan Putri. Sementara untuk tahun ini (2019) ada tambahan untuk kategori Pakaian Terunik,” ujarnya. Ia mengatakan, kategori pakaian terunik diusulkan oleh Supratomo Kepala Dispora Jatim, agar kompetisi ini semakin semarak.

Start Gerak Jalan Perjuangan dari Jalan Surodinawan No.71 tepat di depan kantor Polsek, peserta perorangan dan beregu di lepas oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari serta berikutnya di lepas oleh Ketua DPRD Propinsi Jawa Timur Kusnadi, kemudian dilanjutkan oleh panitia.

Pada kesempatan kali ini GJP Mojokerto- Surabaya di ikuti oleh 8.000 peserta dengan menempuh jarak sepanjang 56 Km , route yang di lalui antara lain Jalan Surodinawan, Jalan Brawijaya Mojokerto, Gajah Mada Mojokerto, Pasar Krian Sidoarjo, Kletek Sepanjang, Raya Mastrip, Jalan Diponegoro Surabaya serta Blauran dan berakhir di Tugu Pahlawan Surabaya.

Tim SMK KAL-1 berangkat dari start pada jam 16.05 dan di harapkan akan tiba di finis pada tengah malam/ dini hari jam 01.00, mereka dengan penuh semangat serta bernyanyi sepanjang route, tidak ketinggalan para bapak/ ibu guru SMK KAL-1 juga ikut memberi support dengan melihatnya di setengah perjalanan tepatnya di desa Balungbendo dengan nonton bareng beserta ngopi bersama di tepi jalan(YHT/dar).