Napak Tilas Ziarah Makam Putri Sedah Merah Jipang Panolan

Jurnalis : Suryono

posberitanasional.com- Blora, 16/11/2019,Pegiat Budaya Megalrejo Kelurahan Balun Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah, PRASTO DWI WAHJONO yang pada hari Jum’at tanggal 15/11/2019 bersama posberitanasional.com berziarah ke makam Putri Sedah Merah yang beralamat di Sorogo Kelurahan Ngelo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah.

Dalam kunjungannya tampak terlihat Prasto biasa dipanggil, sedang membersihkan lantai depan makam yang terdapat daun daun kering di depan pintu masuk.

Setelah terlihat bersih langsung masuk kedalam makam dan mengirim doa, setelah selesai mengirim doa langsung silaturahim kerumah perawat Makam yang rumahnya berada tidak jauh dari makam.

Saat sampai di depan rumah perawat Makam, Prasto mengatakan, “Assalamualaikum.” kemudian dari dalam rumah menjawab, “Waalaikum salam,” tampak terlihat pemilik rumah yang ternyata adalah perawat Makam Putri Sedah Merah, yang bernama Sunandar.

Dalam perbincangannya Prasto mengatakan “Tempatnya banyak daun kering ya pak, tadi saya sempat nyapu sedikit.” Ucapnya.

Tidak begitu lama, Sunandar menjawab “Ya seperti itulah keadaanya pak, mau gimana lagi, dulu pernah ada anggota dewan yang ingin membantu mengajukan proposal untuk renovasi, tapi sampai saat ini tidak ada kabarnya, apalagi sekarang, keadaan masyarakat sudah tidak seperti dulu pak.” Ujarnya.

“Ya sabar saja pak, namanya juga manusia, kadang lupa dengan janji janji yang sudah terucap, mau bagaimana lagi, padahal jika mereka serius kan sangat berguna bagi masyarakat sekitar, apalagi itukan tempat sejarah, apalagi jika didatangi turis luar, mungkin keadaannya tidak seperti sekarang ini.” Tambah Prasto menyambung cerita.

Sunandar juga menambahkan “Dari pihak Kelurahan belum lama ini juga sudah berkunjung, dan mengatakan akan mengajukan proposal renovasi, tapi sampai saat ini belum ada kabar.” Tambahnya.

Ketika posberitanasional.com mencoba konfirmasi tentang Makam Putri Sedah Merah ke Kantor Kelurahan Ngelo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah ternyata sudah tutup, waktu itu hari Jum’at tanggal 15/11/2019 jam 11.30.