Komandan Kodiklatal Resmikan Barak Tamtama Puslatdiksarmil

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 10/12/19, Juanda Sidoarjo-Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Dedy Yulianto didampingi Ketua Pengurus Gabungan (PG) Jalasenastri Kodiklatal Ny. Anti Dedy Yulianto secara resmi meresmikan penggunaan Barak Tamatama “Gunung Arjuno” Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal yang berlokasi di Juanda Sidoarjo.

Sebelum Peresmian barak, diawali dengan olahraga bersama yang diikuti Pejabat Utama Kodiklatal dan pengurus Gabungan Jalasenastri. Setelah senam pemanasan dilanjutkan jalan sehat mengelilingi kesatrian Puslatdiksarmil Juanda Sidoarjo. Jalan sehat ini dilepas langsung Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto yang didamping Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Anti Dedy Yulianto.

Peresmian barak yang dilaksanakan setelah olah raga bersama tersebut dihadiri para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal Laksma TNI B. Ken Tri Basuki, M.Si., (Han),CHRMP, Para Direktur, para Komandan Kodik dan para Komandan Pusdik dijajaran Kodiklatal. Selain itu hadir pula para Pengurus PG Jalasenastri dilingkungan Kodiklatal.

Barak Tamtama dengan nama Gedung Arjuno tersebut ini berdiri diatas lahan seluas 3.500 meter pesegi dengan dua lantai. Adapun fasilitas yang dimiliki antara lain empat Ruang tidur yang mampu menampung 420 prajurit, ruang makan yang berada di tengah dan kamar mandi yang berada disisi kanan dan kiri bangunan.

Gedung yang diperuntukkan siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Puslatdiksarmil ini dibangun selama sembilan bulan ditandai peletakan batu pertama oleh Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto tanggal 19 Maret 2019 yang lalu dengan penyedia Jasa PT Tiga Muara Jaya.

Disela-sela peresmian Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto menyampaikan sebagai Lembaga Pendidikan yang mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) pengawak organisasi TNI AL, Kodiklatal terus berupaya dan berbenah meningkatkan kulitas personil yang dihasilkan guna menjadi prajurit matra laut yang handal, bermoral, profesional dan berani salah satunya membangun fasilitas pendidikan berupa pembangunan barak atau mes yang berada di Puslatdiksarmil ini.

“Dengan terpenuhinya fasilitas pendidikan berupa penambahan gedung sarana mes ini diharapkan kualitas pendididikan yang berada di Puslatdiksarmil juga meningkat, sehingga apa yang menjadi tujuan pendidikan bisa terwujud.”tegas pati Bintang dua dipundak tersebut.