KONTRIBUSI BP LNG TANGGUH DALAM PENGEMBANGAN KAMPUS POLITEKNIK NEGERI FAKFAK

Laporan Jurnalis : Jermias Maay

Pos Berita Nasional.com
Fak-Fak. Bertempat diruang kerja Direktur dikampus Politeknik Neger Fakfak Bapak Ir. Ilyas Mansur.MT yang beralamatkan dijalan Imam Bonjol Tanama Kecamatan Fakfak Kabupaten Fakfak Papua Barat sangat luar biasa aktivitas perkuliahan nampak berjalan sangat baik. Dalam wawancara dan diskusi singkat yang dilakukan oleh Jurnalis dengan Bapak Direktur Politeknik Negeri Fakfak, beliau menyampaikan kampus ini tetap fokus dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia dan mengembangkan berbagai mutu pelayanan perkuliahan terutama dalam pengusulan beberapa program studi guna peningkatan dinamika pendidikan yang lebih kontruktif.

Lanjutnya Politeknik Negeri Fakfak (Polinef) didirikan berdasarkan SK Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Nomor 68 Tahun 2012 tanggal 29 Oktober 2012 tentang Pendirian, Organisasi dan Tata Kelola Pokiteknik Negeri Fakfak dan di launching tepatnya pada tanggal 18 Oktober 2012 tepatnya pada gedung Tuare, jelasnya.
Kemudian juga Pak Mansur sapaan akrapnya yang biasa dipanggil menyampaikan sangat berterima kasih atas kontribusi dan andil besar yang dilakukan oleh BP LNG Tangguh dalam membangun Sumber Daya Manusia yang ada di Politeknik Negeri Fakfak ini, dan LNG Tangguh juga telah memberikan bantuan beasiswa kepada anak-anak asli Papua di Tahun 2019 ini yaitu ada 19 orang dari proses awal perkuliahan sampai pada selesainya lalu akan diterima oleh LNG Tangguh , ujarnya.

Lalu Pak Direktur juga menyampaikan bahwa kami akan agendakan untuk membuka Program Studi Diluar Domisili yaitu pada kabupaten Kaimana dan Teluk Bintuni yang eksennya nanti di Tahun 2020, mengingat kalau anak- anak dari dua kabupaten tersebut yang mengikuti kuliah disini pasti biayanya sangat besar jadi intinya akan ada kerja sama dengan Pemerintah Daerah tersebut dan hari ini kami dalam kepengurusan kampus sifatnya vertikal langsung berurusan kepusat, kemudian
Seterusnya Beliau juga menambahkan kalau rencana pembukaan Program Studi Diluar Domisili itu biasanya pemerintah daerah hanya menyiapkan gedungnya saja dan Sumber Dayanya nanti dari kampus dan Bupati bisa menyurati KemenDikbud dan bisa menjadi suatu kampus baru, terangnya.
Setelah itu disela- sela akhir bincang – bincang dengan Pak Direktur Politeknik Negeri Fakfak beliau mengharapkan agar dalam peningkatan Sumber Daya Manusia di Papua harus lebih banyak didirikan kampus – kampus Perguruan Tinggi biar kualitas anak didik kita mampu bersaing dengan anak – anak dari luar Papua dan sekali lagi daerah kabupaten Fakfak ini mampu untuk mewujudkan hal itu, pungkasnya.