Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Kieraha 2019, Ini Amanat Kapolres Halsel

Laporan Jurnalis : Hafik

Halsel, | Apel gelar pasukan Operasi Lilin Kieraha 2019 di Mapolres Halmahera Selatan Kamis (19/12/2019), dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin – 2019 Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait dalam rangka memberikan Rasa Aman Nyaman pada Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020”, Sebanyak 80 personel Polri disiagakan untuk mengamankan perayaan Natal dan pengamanan Tahun Baru 2019.

Pada apel gelar pasukan Operasi Lilin di hadiri Forkopimda Kab Halsel, Jasa Raharja, Basarnas, Kesultanan Bacan, PJU Polres Halsel, para perwira Polres Halsel serta undangan lainnya.

Sedangkan peserta apel terdiri dari Platon Kompi Raidersus 732/Banau, Platon Kodim 1509/Labuha, Platon Sabhara, Platon Gabungan Staf Polres, Platon Sat Lantas, Platon gabungan Resintel, Platon Sat Pol PP, Platon Perhubungan Laut, Platon Basarnas, Platon Dishub, dan Platon dari dinas Kesehatan.

Kapolres Halmahera Selatan AKBP M. Faishal Aris, S.I.K., yang memimpin apel menyebutkan, Ops Lilin 2019 bertujuan untuk menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Pada amanat yang di bacakan Kapolres Halsel menjelaskan berdasarkan prediksi intelijen, terdapat 12 potensi kerawanan yang harus kita antisipasi, yaitu aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas. kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi Penolakan Peribadatan, kenaikan harga sembako serta konflik sosial dan tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar. kebakaran akibat petasan dan pasta narkoba ataupun minuman keras.

Berkaitan dengan hal tersebut. seluruh Kasatwil harus dapat bersinergi dengan stakeholder terkait untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan masing-masing daerah.

“Kita akan memberikan rasa aman kepada masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Halmahera Selatan. Operasi dengan sandi Operasi Lilin Kieraha 2019 ini akan digelar selama 10 hari,” kata AKBP M. Faishal Aris, S.I.K., M.M

Operasi Lilin Kieraha 2019 sendiri akan berlangsung pada tanggal 19 Desember 2019 sampai tanggal 1 Januari 2020. Olehnya, Polres Halsel menyediakan 3 pos pengamanan, yakni di Pos Dishub Desa Labuha Kec. Bacan, di Pelabuhan Desa Babang Kec. Bacan Timur, dan Pelabuhan Desa Kupal Kec. Bacan Selatan.

Selain anggota Polri, Ops Lilin Kieraha 2019 tersebut melibatkan beberapa instansi, seperti TNI dan Dinas Terkait.

“Semoga perayaan Natal bisa dilewati teman-teman kita yang Kristiani maupun masyarakat yang merayakan pergantian tahun dengan aman, tertib dan nyaman” tutupnya.