Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh M.M Tanam Padi Berbasis MA – 11

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 17/1/2020, Bangka Tengah – Dr. Ir. H.Ibnu Saleh, M.M., Bupati Bateng (Bangka Tengah) turun langsung ke lokasi persawahan melakukan penanaman padi, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, giat berlangsung di lokasi persawahan desa Namang Kecamatan Namang Kab.Bangka Tengah. Jumat (17/1).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Bangka Tengah, Danrem 045/Gaya yang diwakili oleh Pasi Binwanwil Mayor Chb. Nawawi, Kepala BPTP, Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Camat Namang dan Pasiter Kodim Bangka serta Danramil Pangkalan Baru.

Bupati Bangka Tengah, H Ibnu Saleh menyebutkan, Pembuatan Persawahan di desa Namang merupakan hasil kerjasama antara Pemda Bangka Tengah dengan Korem 045/Garuda Jaya, hal tersebut dilakukan karena kurangnya komuditas pangan di Kab. Bangka Tengah,” ucapnya.

Lebih lanjut Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, M.M., menyampaikan ucapan rasa terimakasih kepada Korem 045/Gaya yang telah bersama-sama mendampinginya dalam proses pembuatan persawahan di desa Namang. bukanlah untuk pemenuhan kebutuhan Kab. Bangka Tengah, tapi untuk meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat setempat,” harapnya.

Dikatakannya lagi, untuk itu dituntut agar menekan biaya produksi dan meningkatkan hasil produksi. Saat sekarang ini tidak lagi di tuntut luas tambah tanam, namun lebih ditekankan kepada hasil yang maksimal,” jelasnya.

Bupati Bateng, memperkenalkan sebuah pupuk organik MA-11 untuk peningkatan unsur hara tanah. diketahui melalui uji sample bahwa unsur hara areal persawahan desa namang sangatlah sedikit, kurang dari 10%. Untuk itu perlu ditingkatkan dengan menggunakan MA11 pada saat sebelum diolah, guna meningkatkan tingkat kesuburan. Jadi mudah-mudahan dapat mendapatkan hasil produksi 8 Ton per hektar. sementara saat ini hanya berkisar 4-4,5 Ton per hektar. untuk itu agar selalu berkoordinasi dengan PPL sebagai orang yang memang memiliki ilmu dalam pertanian dan juga selalu berdoa kepada Tuhan untuk mencapai yang optimal,” ungkapnya.