Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia, Poltekkes Kemenkes Pangkalpinan Gelar Penanaman Mangrove

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com. SUNGAILIAT, 19/1/20 – Dalam rangka memperingati Hari Gerakan Sejuta Pohon, Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang menggelar kegiatan penanaman pohon mangrove. Kegiatan ini bertempat di TN Desa Rebo, Lintas Timur, Sungailiat. Sabtu (18/01/2020).

Foto: Relawan Gerakan Sejuta Pohon mahasiswa/i Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Sabtu 18/1/2020 (Baim).

Sekitar 500 batang pohon mangrove yang ditanam di lokasi, dimana 500 batang pohon mangrove tersebut diperoleh dari Wisata Mangrove Munjang Kurau Barat.

Penanaman dilakukan oleh BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), beberapa mahasiswa perwakilan dari HMP (Himpunan Mahasiswa Prodi) Dari Prodi Perawat dan Farmasi, serta UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dari UKM LDK Asy-Syifa, UKM Volly, UKM Paduan Suara, dan UKM Futsal Poltekkes Kemenkes Pangkal Pinang yang menjadi Relawan yang dibantu oleh warga desa setempat.

Ada sekitar 33 orang Relawan yang turut andil dalam penanaman pohon mangrove. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wadir 3 ibu Ade Devriany, SKM., M.Kes dan Kaur Kemahasiswaan Poltekkes Pangkalpinang ibu Maya, Am.Keb yang dimana keduanya ikut serta menjadi relawan Gerakan Sejuta Pohon.

Tidak hanya penanaman pohon mangrove, para Relawan juga melakukan kegiatan bakti sosial membersihkan sampah –sampah di sekitaran lokasi penanaman. kegiatan ditutup dengan makan bersama di Pantai Takari yang tempatnya tidak jauh dari lokasi penanaman pohon mangrove.

“Sebenarnya Kegiatan ini merupakan Program kerja tahunan dari BEM Poltekkes Pangkalpinang dan FORKOMPI (Forum Komunikasi Poltekkes Se Indonesia) tapi memang setiap tahun bentuk kegiatan dan lokasi pelaksanaannya berbeda, dan di tahun ini kita mengusung tema “Si Hijau Pemberi Kehidupan” dengan penanaman pohon mangrove” Ujar Ranti Arifah sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan.

Kepala Desa Rebo yang diwakili Sudiryanto dan juga selaku Kepala Dusun Tanjung Ratu mengatakan, “dengan adanya kegiatan ini bisa memicu anak-anak muda lainnya untuk peduli dengan lingkungan terutama pada didaerah pesisir seperti ini,”ucapnya Bangga.