Disaksikan oleh Ribuan Jemaat Bupati Resmikan Gedung Gereja GKI Alfa Wersar

Laporan Jurnalis : Hermanus Sagisolo

Teminabuan,- Pos bernas.com Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, SE, MAP meresmikan gedung gereja baru GKI Alfa Wersar, Distrik Teminabuan pada Minggu (01/03/2020) kemarin, yang ditandai dengan pengguntingan pita.

Sebelum melakukan peresmian gedung gereja baru, rombongan gubernur Papua barat serta bupati mengikuti ibadah di gedung gereja lama, ibadah tersebut dilayani oleh Ketua PHMJ (Pelaksana Harian Majelis Jemaat) GKI Alfa Wersar Pdt.H.Ralahalu, S.Th. usai ibadah tersebut di lanjutkan dengan pemindahan peralatan sakramen dan administrasi ke gedung gereja baru oleh majelis jemaat GKI Alfa Wersar diiringi para Pendeta dan tamu undangan.

Sebelum memasuki gedung gereja baru Gubernur Papua Barat Drs.Dominggus Mandacan dan Wakil Ketua BP Am Sinode GKI di Tanah Papua Pdt.Hizkia Rollo, S.Th, MM menandatangani prasasti presmiansebagai tanda rumah Tuhan siap di gunakan.

Setelah penandatanganan prasasti di lanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan berita acara penyerahan aset dari sejumlah marga pemilik tanah adat kepada GKI di Tanah Papua sekaligus menjadi aset GKI secara resmi.

Kemudian di lanjutkan dengan prosesi pengguntingan pita oleh Bupati Samsudin Anggiluli, dan selanjutnya kunci gedung gereja baru diserahkan secara berjenjang dari kepala tukang hingga ke Wakil Ketua Sinode GKI di Tanah Papua Pdt.H.Rollo dan kemudian dilanjutkan dengan pentahbisan gedung gereja oleh Pdt.H.Rollo dan para Pendeta yang hadir pada acara peresmian tersebut, sebelum membukaan pintu gereja untuk digunakan beribadah.

Bupati Samsudin Anggiluli pada kesempatan tersebut menegaskan, gedung
gereja jemaat GKI Alfa Wersar yang dibangun dengan megah dan indah tersebut menjadi ikon Kabupaten Sorsel. Apalagi Kampung Wersar mempunyai sejarah sebagai tempat masuknya Injil di Tanah Tehit serta tempat penerjun payung pertama yang mengibarkan bendera Merah Putih di Papua.
Jadi Kampung Wersar mempunyai nilai sejarah perjuangan bangsa Indonesia selain sejarah pendaratan Injil.

Sementara itu Wakil Ketua Sinode Pdt.Hizkia Rollo mengingatkan warga jemaat Alfa Wersar untuk mengingat kembali pesan Penginjil yang sudah membawa Injil ke Tanah Tehit di Kampung Wersar sebagai mata air. Segala sesuatu diselesaikan secara baik, bukan dengan perkelahian ataupun tindak kekerasan.

Sementara Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengapresiasi upaya dan kerja keras jemaat untuk membangun gedung gereja yang indah dan megah. Gedung gereja yang indah dan megah juga harus diimbangi dengan perilaku dan kehidupan jemaat yang bagus juga. Setiap ibadah Minggu, ibadah unsur maupun kegiatan keagamaan lainnya di gedung gereja ini harus dipadati oleh jemaat.

Pembangunan gedung gereja GKI Alfa Wersar menelan dana sebesar Rp.5,8 Milyar atau tepatnya Rp.5.898.584.000. Gedung gereja dengan panjang 36 meter dan lebar 16 meter tersebut dibangun selama 5 tahun 3 bulan 23 hari, berkonstruksi beton dan baja.

Peresmian gedung gereja GKI Alfa Wersar dihadiri ribuan jemaat dari jemaat tetangga serata tamu undangan dan para pejabat pemerintah dari Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Sorsel. Diantaranya anggota DPR Papua Barat Karel Murafer; mantan Ketua DPR PB Pieters Kondjol, SE,MA; Kapolres Sorsel AKBP Sahat Siregar, SH; Komadan Kodim 1802 Sorong Letkol.Inf.Budiman, SE, M.I.Pol, MM; Ketua DPRD Kabupaten Sorsel Martinus Maga; Wakil Bupati Sorsel Drs.Martinus Salamuk, Sekda Sorsel Dance Yulian Flassy, SE, M.Si.