Molen Murka Pangkas Pohon Tak Sesuai Estetika, Pihak PLN Minta Maaf

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 08/05/2020
Pangkalpinang – Kegiatan pemangkasan, pemotongan pohon di depan Kantor Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pangkalpinang tepatnya berada di Jalan Gabek Raya atau Jalan Jenderal Sudirman, diperkirakan sekitar 41 pohon yang dipangkas oleh petugas PLN Pangkalpinang yang diduga tidak sesuai kaedah estetika, membuat orang nomor satu di Kota Pangkalpinang protes keras dan marah, Jumat (8/5/2020).

Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil akrab disapa Molen tidak terima setelah melihat batang pohon yang menjadi paru-paru kota dipotong-potong begitu saja hanya menyisakan batang.

Kekecewaan dan kegeraman Molen ini bahkan diunggah dalam videonya yang diposting dalam akun facebook pribadinya, dimana saat itu sempat terjadi perdebatan antara dirinya dengan petugas PLN.

Kata Molen kepada salah satu petugas PLN, “sekarang saya tanya, gimana itu, gimana mau ganti pohon sebesar itu coba?” Tanya Molen sesalkan ulah oknum PLN.

Lagi Sesal Molen, “untuk kesekian kalinya pohon kesayangan untuk keindahan Kota Pangkalpinang yang kita cintai dipangkas habis oleh pihak PLN yang tidak bertanggung jawab! Tanpa koordinasi dengan pihak pemkot, kira-kira ini cocoknya kita apakan ? Tumpeeess!!!! So sad,” tulis Molen menumpakan kekesalannya di akun Facebook pribadinya.

Terpisah menanggapi hal tersebut, Manager PLN UP3 Bangka, Candra Afeli yang dikonfirmasi melalui humas PT PLN, Pandu meneruskan pesan wa mengatakan, “PLN UP3 Bangka telah meminta ijin kepada Pemkot, melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman untuk melakukan pemangkasan pohon dengan jarak lima meter dari jaringan listrik. Hal ini dilatarbelakangi karena tingginya angka gangguan listrik akibat pohon yang menyentuh jaringan, yaitu sebesar 57%. Tingginya angka gangguan listrik akibat pohon tersebut dpt menyebabkan listrik padam.

“Namun sepertinya pemangkasan yang dilakukan belum sesuai dengan kaidah estetika, untuk itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya” Ujar Manager PLN UP3 Bangka dalam pesan terusan dari Humas PT PLN Pandu.

“Kami selalu berkoordinasi dengan dinas terkait dan kami akan melakukan koordinasi lebih intensif lagi, agar listrik tetap andal dan kota pangkapinang tetap indah”. Jelas Candra.