Pesawat MAF Pengangkut Sembako Jatuh di Sentani, Ini Kronologinya

Laporan Redaksi

JAYAPURA — Pesawat milik Mission Aviation Fellowship (MAF) jenis Kodiak 100 no reg K-100 PK-MEC dengan pilot Joice Lin warg USA jatuh di Danau Sentani Papua, Selasa (12/05/2030) pagi.

Pesawat yang baru beberapa saat lepas landas mengangkut Sembako dengan tujuan Mami Tolikara Wilayah Pegunungan Papua.

Juru Bicara Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, pesawat MAF dari Bandara Sentani tujuan Mamit Tolikara jatuh di Danau Sentani Kampung Yoboi sekitar pukul 06.29 WIT pagi ini.

“Pesawat dipiloti warga Amerika dan mengangku Sembako tujuan Mamit,”kata Kamal.

Kronologis kejadian, Pukul 06.27 wit pesawat jenis kodiak K-100 PK – MEC milik MAF take off dari Bandara Sentani tujuan Distrik Mamid Kabupaten Tolikara.

“Pukul 06.29 wit Pilot memanggil tower ” Mayday ” dan meminta RBT ( mendarat darurat), selanjutnya petugas Tower memanggil namun tidak ada jawaban dari Pilot. ( pesawat hilang kontak),”ungkap Kamal.

Pesawat dengan register PK-MEC direncanakan terbang dari bandara udara sentani kabupaten Jayapura menuju Distrik Mamit Kabupaten Tolikara dengan membawa bahan sembako dan tidak berpenumpang.

“Diketahui bahwa saat setelah melakukan take-off landasan pacu bandara sentani, dan saat pesawat berada di atas danau pesawat secara tiba-tiba langsung jatuh ke danau Sentani Kabupaten Jayapura. Sementara untuk penyebab jatuhnya pesawat masih dilakukan penyelidikan oleh tim gabungan,”papar Kamal.

Setelah dilakukan pencarian terhadap pilot, tim gabungan berhasil menemukan Pilot disekitar lokasi jatuhnya pesawat, selanjutnya pilot dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura.

Identitas Pilot Joyce Chaisin Lin (40), perempuan, WNA Amerika serikat, No Pasport : 483551781, alamat Kompleks MAF jalan AMA Sentani RT06/RW03 Kel Sentani Kota Distrik Sentani Kabupaten Jayapura, Meninggal Dunia.

Tindakan Kepolisian yang dilakukan:

Menerima laporan, melakukan koordinasi dengan pihak terkait TNI dan SAR Jayapura, melakukan pencarian, mengevakuasi Pilot ke RS. Bhayangkara serta mengevakuasi badan pesawat.

Saat ini Tim SAR gabungan telah mengevakuasi korban ke RS Bhayangkara untuk dilakukan tindakan medis. Sementara itu untuk badan pesawat telah berhasil dievakuasi dari dasar danau.

Adapun dalam kecelakaan penerbangan ini tidak berdampak terhadap arus penerbangan di Bandara Sentani, Kab. Jayapura. Penerbangan ini merupakan penerbangan dukungan logistik dan tidak berpenumpang.(*)