Bupati dan Kadin Lingkungan Hidup Belitung Terjun Langsung Kerja Bakti New Normal Pandemi Corona

Laporan jurnalis : Abdul Rahim (Abim)

Posberitansional.com, 05/06/2020, BELITUNG-Tanjungpandan : Disituasi merebaknya pandemi Corona (Covid-19) di Wilayah Daerah Kabupaten Belittung tidak menyurutkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung dibawah komando Edi Usdianto, ST biasa disapa Edu untuk terus berkemas kerja menata kebersihan wilayah kerja lingkungan hidup sampai ketingkat kelurahan dan desa desa di kabupaten Belitung.

Tapi untuk kali ini ada situasi kondisi era baru (new normal) pandemi corona, ada sisi penampakkan yang beda terlihat Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos biasa disapa akrabnya Sanem terjun langsung tanpa di dampingi Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, S.Sn dan unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kabupaten Belitung, melakukan kerja bakti bersih-bersih sampah pembuangan dan pemotongan rumput didaerah seputaran jalan sijuk desa Air Merbau Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauaan Bangka Belitung, rabu pagi (03/06/2020) beberapa waktu lalu.

Melihat seorang Bupati Belitung H. Sahani Saleh ikut kerja bakti ini, banyak masyarakat merasa bangga dan kagum atas tindakkannya melakukan perbuatan terpuji bersih-bersih lingkungan bersama personal Satuan Tugas (Satgas) Lebah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung, ia tidak berpangku tangan di atas meja kerja saja disituasi new normal pandemi corona ini masih lengkap dengan atribut dinas kerja resmi sebagai seorang pejabat Bupati Belitung abdi negara dan masyarakat.

Dimana,“sebelumnya, Presiden Ir. H. Joko Widodo menyatakan, Indonesia harus tetap Produktif, namun Aman dari pandemi corona (Covid-19). Oleh karena itu masyarakat diminta untuk meningkatkan taraf kedisiplinan dalam menyikapi lingkungan hidupnya dan tetap menjalankan protokol kesehatan memasuki New Normal”.

Hal ini telah diatur dalam Surat Keputusan Kementerian Kesehatan (KMK) Republik Indonesia.,“Aturan New Normal telah diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan melalui Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi Corona,” ungkap Bupati Belitung H. Sahani Saleh diselah-selah kerja bakti itu dengan tegasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan,“Dimana isinya mengatur segala hal terkait pencegahan pandemi corona (Covid-19) untuk para pekerja dan di lingkungan tempat kerja, baik semasa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maupun pasca-PSBB,” ujar Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos berharap masyarakatnya tetap patuh dan mampu melewati situasi kondisi new normal ini dengan baik dan sehat segalanya.

“Ia merasa yakin dan percaya masyarakat mampu dan sanggup melewati ini bersama dengan Pemerintah Kabupaten Belitung,” tuturnya.

Disamping itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Edi Usdianto, ST mengutarakan, pembersihan jalur jalan yang di ikuti oleh Bupati Belitung dan dilaksanakan oleh Petugas Satgas Lebah Kebersihan. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung.

“Merupakan suatu langkah untuk memasuki era baru (new normal) situasi kehidupan bermasyarakat yang lebih dinamis dan higienis untuk menunjang serta menjaga lingkungan hidup dan kesehatan masyarakat secara menyeluruh guna beraktifitas rutinitas merasa aman dan nyaman sehari hari kedepannya,” kata Edi Usdianto.

Lanjutnya.
“ Upaya usaha untuk mencegah Penyebaran Penularan pandemi corona lebih meluas dan menikmati zona hijau kembali bersama,” ujarnya.

Edi Usdianto selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung, menekankan,“Pelaksanaan Kerja Bakti pembersihan samping kiri jalur jalan ini diwilayah ruang lingkup kerjanya akan diagendakan dan dilakukan rutinitas setiap 2 (dua) hari sekali sesuai dengan aturan Pemerintah Dalam memasuki New Normal dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.” ungkapnya.

Disisi lain tokoh agama masyarakat Belitung Juhri, Amd kesehariannya berdinas dilingkungan pemerintah Kabupaten Belitung sebagai Apratur Negara Sipil (ANS) Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diknas) Kabupaten Belitung. Menyikapi dan memberi pandangan terhadap kinerja Seorang Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S. Sos secara kasat mata dan penilaiaan memberikan penghargaan (apresiasi) penghormatan yang sebesar -besarnya.

“ inilah bukti sebagai salah satu sisi kepekaan seorang pemimpin yang berjiwa besar dan peka terhadap kepentingan masyarakat dan kinerjanya sebagai abdi dan pelayan masyarakat secara nyata dan terbukti disituasi kondisi apapun seperti new normal pandemi corona. Mungkin yang selama ini kinerja seorang Bupati Belitung tidak termonitor dan tidak terekspos publik secara luas kerja bakti seperti ini,” kata Juhri.

“Padahal sudah sering dilakukan Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos yang sudah menjadi kepribadian (karakter) yang telah melekat didalam dirinya dan kesehariannya yang sederhana bersahaja dan humanis pada siapapun dan lingkungannya selama ini,” tandasnya dengan nada tegas dan lugas.

“Maksud diadakan kegiatan kerja bakti ini memberikan pelajaran berharga kepada masyarakat Belitung dan generasi muda sebagai pemimpin sejati masa depan, “abdi negara dan masyarakat”, untuk memberi contoh dan soritauladan baik secara langsung ditengah masyarakat dan lingkungannya dalam situasi kondisi apapun apalagi disituasi kondisi pandemi carona (Covid-19) yang memasuki babak era baru (New Normal) penuh tanggungjawab dan terpuji berbudi luhur. Memberi contoh simpati yang positif dan mulia dengan bekerja itu lebih baik daripada cuma sekedar bicara dan berpangku tangan diatasnya meja dinas semata,” ucapnya Juhri, salut dan hormat serta penghargaan setingginya pada Bupati Belitung Sahani Saleh. S.Sos dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Edi Usdianto, ST. ☆@BIM.