Reporter Redaksi : Masjid Agung Gresik ,Megah dan sangat Menarik Keindahannya

Laporan Redaksi

GRESIK ,POSBERITANASIONAL –Kota Gresik yang berada di pesisir pantai, terwakili jelas dengan kondisi udaranya yang begitu panas menyengat. Begitulah yang kami rasakan dalam perjalanan kali ini.

Gerbang masuk Masjid Agung Gresik

Perjalanan Redaksi posberita saat ini Sabtu,10 Oktober 2020  Laju kami terhenti manakala memasuki kawasan pemerintahan kabupaten Gresik, di sekitaran Jl. Wahidin Sudirohusodo. Sebuah bangunan yang cukup megah menarik perhatian kami untuk menyinggahinya.

Untuk me-recharge batin dengan menunaikan sholat dzuhur di di dalamnya dan menyegarkan raga dengan istirahat sejenak di sana.

Sekilas tentang masjid ini

Sebagaimana setiap kabupaten atau kotamadya lainnya yang memiliki sarana untuk beribadah dalam bentuk Masjid Agung, di kabupaten Gresikpun demikian.

Sebagaimana pula di setiap kabupaten atau kotamadya lainnya yang menempatkan Masjid Agung di lingkungan perkantoran pemerintahan daerah, di kabupaten Gresikpun sama.

Karena lokasi tersebut, menurut kami masjid ini begitu mudahnya dijangkau oleh warga Gresik .

Menurut keterangan Setelah dibangun beberapa tahun, masjid ini diresmikan pemakaiannya oleh Bupati Gresik kala itu pada 27 Pebruari 2004.

Tampilan Eksterior Masjid

Masjid yang lokasi tepatnya di sisi barat dari pertigaan antara Jl. Wahidin Sudirohusodo dan Jl. Mayjend Sungkono ini, terlihat begitu gagah berdiri seakan menyambut mereka yang tengah melewati kedua jalan tersebut untuk sejenak menyinggahinya.

Arsitektur Jawa Modern sepertinya menjadi gaya dari masjid ini. Hal itu dapat terlihat dari bentuk bangunan yang kotak dan kubah yang berbentuk limas. Namun semua itu ditampilkan dengan bentuk yang elegan sehingga terlihat begitu megah dan modern.

Sementara itu, sebagai sarana untuk mengumandangkan azan, masjid ini dilengkapi dengan sebuah menara yang cukup tinggi. Bentuknya yang cukup sederhana menjadikannya begitu serasi bersanding dengan bangunan masjidnya.

Bangunan masjid ini terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar untuk ruang serbaguna, lantai satu untuk ruang sholat utama sedangkan lantai dua untuk ruang mezanine.

Jamaah dapat memasuki masjid ini melalui pintu timur, selatan ataupun barat. Di sana terdapat akses baik menuju ruang serbaguna ataupun lantai satu.

Tempat wudlu dan toilet terdapat di sisi utara dari ruang serbaguna.

Masjid ini memiliki ruang sholat utama yang cukup luas. Nuansa putih terlihat begitu dominan pada dinding atas. Sedangkan pada dinding bawah dan lantai didominasi nuansa abu-abu yang dihadirkan oleh pelapisan marmer padanya. 

Suatu masjid yang memiliki disain arsitektur yang memadukan berbagai gaya yang berbeda. Ada Jawanya, ada minimalis modernya dan ada sedikit sentuhan Timur Tengahnya. Semua itu menghadirkan bentuk bangunan masjid yang unik dan berbeda dari masjid-masjid lainnya.

Keindahan dan kemegahan masjid ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi warga sekitarnya untuk beramai-ramai memakmurkannya. Dan semoga masjid yang menjadi ikon baru dari kabupaten Gresik ini tetap terawat dan terjaga demi kenyamanan para jamaahnya.