Bugenville ( Bunga kertas ) Bisa Tiga Warna, Dengan Cara Kawin Stek

Laporan Jurnalis : Maman

CIANJUR JAWA BARAT | Bunga kertas atau bugenvil adalah tanaman hias populer. Bentuknya berupa pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya.

Agar bunga kertas dapat tumbuh cantik dan menawan ada cara unik yang bisa dilakukan oleh petani bunga atau pencinta bunga kertas, hal tersebut dikatakan Meladi pada saat ditemui dirumahnya, RT 002 RW 003, Batulayang No 6, Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawabarat, Sabtu pagi, (29/5/2021) pukul 10.12 wib.

Menurut Meladi, Bunga Burgenvil ( bunga kertas ) merupakan bunga yang indah jika ditata dengan baik, yaitu dengan cara stek atau mengawinkan dengan warna yang berbeda.

“bisa kita lakukan stek dari mulai ranting atau pohon yang sudah keluar ranting baru, jangan terlalu tua jika mau dikawinkan dan disesuaikan dengan keinginan kita maupun pemesan, maunya bunga warna apa”, ungkap meladi ketika ditemui dirumahnya.

Bahkan, lanjutnya dalam satu pohon bisa menghasilkan beberapa warna tergantung keinginan kita, bisa dua bahkan tiga warna sekaligus.

“prosesnya gampang, yaitu penyambungan perkawinan selama 2 (dua minggu ) atau 15 ( lima belas ) hari, dan diusahakan tempelan jangan sampai terkena air, makanya menggunakan plastik, dan plastik bisa di buka setelah 10 ( sepuluh ) hari”, terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa yang bisa ditata dengan baik dan dapat dikawinkan bukan hanya jenis bunga kertas, namun juga bunga yang lainnya.

“Jenis bunga yang lainnya juga bisa, tidak hanya bunga kertas, seperti bunga kemboja dan jenis bunga lainnya tergantung pada keinginan konsumen”, pungkasnya.(Mm)