LANAL KETAPANG LAKSANAKAN SAR EVAKUASI JENAZAH DI ALUR SUNGAI KENDAWANGAN

Laporan Red

Lantamal XII Pontianak : Pangkalan TNI AL (Lanal) Ketapang yang berada di bawah Lantamal XII bersama Tim Search And Rescue (SAR) melakukan evakuasi terhadap jenazah Iram di Alur Sungai Kendawangan, Senin (7/6).

Personel Lanal Ketapang mendapat laporan dari Ketua Asosiasi Nelayan Kendawangan bahwa ditemukan adanya mayat terapung di alur sungai Kendawangan.

Atas laporan tersebut, Komandan Lanal Ketapang Letkol Laut (P) Abdul Rajab B.A., M.Tr. Hanla memerintahkan Personel Lanal Ketapang untuk melaksanakan koordinasi ke Polair Kendawangan, Puskesmas Kendawangan terkait pelaksanaan kegiatan SAR.

Sekitar pukul 07.50, Personel Lanal Ketapang bersama dengan personel Polair dan Puskesmas Kendawangan, dengan menggunakan Combat Boat Lanal Ketapang I-12-52 dan Speed Boat 40 PK menuju TKP (penemuan mayat) di Alur Sungai Kendawangan.

Tim SAR Lanal Ketapang tiba di lokasi Pukul 08.30 WIB dan menemukan serta terlihat sesosok mayat mengapung. Selanjutnya jenazah dievakuasi dan dimasukkan dalam kantong mayat dan dibawa menggunakan Combat Boat I-12-52 Lanal Ketapang menuju Pelabuhan Kendawangan.

Tim SAR tiba di Pelabuhan Kendawangan Pukul 09.20 WIB dan selanjutnya dievakuasi ke Puskesmas guna proses otopsi.

Jenazah an Iram (52), kelahiran Putussibau, 1-1-1969 tinggal di Kendawangan. Dari Informasi/ Keterangan dari Keluarga Korban pada Tanggal 5 Juni 2021. Pukul 10.00 WIB. Bahwa korban sempat dirawat di Puskesmas Kendawangan, lalu Pukul 22.00 WIB. Korban meminta untuk dipulangkan ke rumah.

Dari hasil Otopsi diperkirakan jenazah sudah tenggelam selama 2 (dua) hari dan tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban. Dugaan sementara bahwa korban bunuh diri dengan sengaja menceburkan diri ke laut dikarenakan sakit yang diderita korban tidak kunjung sembuh.

Selama kegiatan Tim SAR berjalan aman dan lancar.

Dispen Lantamal XII Koarmada I.