Bangun Ekonomi Dimasa Pandemi Rumah BUMN Basel Fasilitasi Launching Produk UMKM

Laporan Tim

TOBOALI – Dimasa pandemi covid-19, yang juga belum berakhir membawa dampak hampir keseluruh sendi kehidupan, terutama sendi ekonomi yang cukup terasa dimasyarakat, namun dengan adanya kepedulian dari pihak Bank BRI kantor cabang pembantu (KCP) Toboali Kabupaten Bangka Selatan terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Basel memberikan peluang bisnis kepada para pelaku UMKM untuk melakukan Lounching pengelola rumah BUMN Bangka Selatan (Basel), Senin (28/06/2021).

lounching prodak UMKM dilakukan oleh perwakilan pihak Bank BRI Kepala Unit Toboali (Supriansyah) ditandai dengan pemotongan Tumpeng.

Hadir pula dikegiatan tersebut, Ketua MUI Basel Zahirin.SH., Kasat Pol. PP Firmansyah SPd, Dan Posmat TNL AL Toboali Darsidi, ketua DPC HKTI Basel Yopi Gempal, ketua PPKIM Basel Bujil Sani, Pengelola UMKM rumah BUMN Dani samjaya sulaiman S.IP, serta para pelaku UMKM Bangka Selatan.

Ketua DPC HKTI Basel Yopi Gempal mengatakan, dengan adanya rumah BUMN Basel ini kedepannya bisa meningkatkan penghasilan para pelaku UMKM dan dapat mengembangkan bisnis masing-masing, walaupun dimasa pendemi Covid-19 ini berdampak menurunnya ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

UMKM Basel dirumah BUMN Basel telah disiapkan konsep pengelola UMKM untuk saling bersilaturrahmi, berkolaborasi serta bersinergi demi kemajuan rumah BUMN Basel, tentu dalam pelaksanaannya selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes),” kata Yopi.

Diceritakanya, sebelumnya rumah BUMN Basel ini disebut rumah kreatif BRI, bersyukur kepada kawan-kawan semua terutama pelaku UMKM, sejak lama sudah mendukung rumah BUMN Basel dan menjembatani pelaku UMKM yang ada di Basel supaya UMKM ini bisa dikenal diluar daerah Basel dan produk-produk yang dihasilkan bisa laku terjual hasilnya bisa menopang perekonomian keluarga serta menjadi icon produk UMKM Basel,” tuturnya.

“Kamipun sudah pernah mengajak para pelaku UMKM dibawah PPKIM dan kami HKTI menjembatani mereka untuk diikutkan memperkenalkan produk-produknya, pada tahun 2000 lalu saat pameran Asap di Jakarta 13 sampai 15 Maret 2020 yang dihadiri oleh 20 negara,” jelasnya.

Sementara itu Arif dari petugas rumah BUMN Basel mengatakan, guna membantu mengelola mendidik dan membimbingnya / rumah BUMN dijadikan tempat berkumpulnya pelaku UMKM untuk belanja bisnis dan sharing, kemudian rumah BUMN itu sendiri perannya memfasilitasi sangatlah tepat dan juga sebagai pusat informasi program kemitraan dan penyaluran Bank BRI,” ungkapnya.

Masih dikesempatan yang sama Ketua PPKIM Basel Bujil Sani mengatakan, mengharapkan sekali peran serta pemkab Basel khususnya, Forkopimda Basel dan BRI untuk saling suport, walau tidak dengan modal yang besar setidaknya kami sudah berusaha untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat, dan tidak henti-hentinya mengajak para ibu-ibu yang tidak ada usaha untuk bergabung berusaha artinya ekonomi kita tetap berjalan walaupun pendemi covid-19,” sebutnya.

Kami sangat berbangga hati, MUI pun ikut serta andil membantu mengeluarkan sertifikasi halal jadi untuk belanja produk kami di rumah BUMN sudah bersertifikasi halal baik dari peralatan sampai produksi.

Berharap ada kerja sama pengiriman paket murah seperti, JNT, JNE dan melalui Kantor Pos untuk mengantarkan paket-paket kami ke tempat tujuan, serta peran media online dan media cetak mempromosikan produk UMKM kami, ” Alhamdulilah saat ini sudah dapat beberapa pesanan dari Baturaja Palembang, sebelum pademi pesanan dari Jakarta, Jokja, Surabaya dan lainnya kami selalu produksikan produk Basel, mudah mudahan adanya wadah ini dapat memajukan dan meningkatkan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.