Unras BEM SI di Halaman Gedung DPRD Prov Babel, Tolak Pelemahan KPK

Laporan Pian

BABEL – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Bangka belitung, menggelar aksi unjuk rasa (Unras) damai di halaman depan gedung DPRD Provinsi Bangka Belitung, selasa (6/7/2021).

Dalam aksinya mereka menolak pelemahan lembaga independen yang di sebut juga anak kandung reformasi yaitu Komisi Pemberantasan korupsi (KPK).

Aksi tersebut di ramaikan dengan para mahasiswa membawa spanduk-spanduk yang bertulisan berbagai macam yang berkaitan dengan “Revisi UU KPK”

Pantauan awak media ini para mahasiswa berkumpul di titik Nol Kilometer Kota Pangkalpinang sekira pukul 12.30 WIB dan kemudian berangkat bersama-sama menuju lokasi aksi di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)Provinsi Bangka Belitung.

Kedatangan mahasiswa diterima baik oleh Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung, Herman Suhadi dan Wakil Ketua, Amri Cahyadi.

Dihadapan Ketua dan Wakil DPRD Bangka Belitung, Sejumlah orator yang memberikan suara dukungan mereka terhadap penyelidikan atas upaya pelemahan KPK.

Rio syahputra selaku Presiden Mahasiswa UBB, menyampaikan duka cita pelemahan yang sedang di alami KPK.

“Inalilahi Wainalilahi rojiun, Telah berpulang ke-rahmatullah anak dari reformasi,KPK. Yang awalnya komisi pemberantasan korupsi menjadi komisi pelindung koruptor, dan untuk ketua DPRD atau pemerintah untuk tidak berdiam diri melihat pelemahan KPK,” kata Rio Syahputra dalam orasinya.

Menurut Rio Syahputra, KPK sudah di lemahkan dari tahun-tahun yang lalu dan menegaskan bahwa mereka para mahasiswa bukan eksistensi atau ditunggangi.

“KPK hari ni sudah diperlemahkan sejak tahun-tahun yang lalu, dan hari ini yang kita bawakan bukan untuk eksistensi atau di tunggangi tetapi dari para pendahulu kita sudah memperjuangkan dari mulai wacana di revisinya UU KPK hingga hari ini, dan akan menjaga anak dari reformasi itu kawan-kawan,” sebut Rio.

Ketua DPRD Prov Babel Herman Suhadi, S.Sos., diatas mobil bak terbuka pun memberi pernyataan ” kami sepakat bahwa, kita di negeri ini tidak boleh ada pelemahan terhadap KPK dan di negeri ini tidak boleh ada ketidakadilan, kami dari lembaga DPRD, akan menyampaikan aspirasi ini ke presiden dan akan menyampaikan ke DPR RI pusat” kata Ketua DPRD Babel.