Pemdes Buanajaya Realisasi Samisade Dengan Betonisasi Jalan Penghubung Bogor – Cianjur,Untuk Kemajuan Perekonomian Warga

Laporan.Jurnalis : Agus Chandra

BOGOR-POS BERITA NASIONAL
Pemerintah Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor mulai merealisasikan program Satu Milyar Satu Desa (Samisade) tahap satu dengan membangun jalan yang berbatasan langsung dengan jalan Cianjur.Kamis 16/09/2021

Kepala Desa Buanajaya, Sudarjat mengatakan, anggaran Samisade yang diberikan oleh Bupati Bogor, Ade yasin tersebut digunakan untuk betonisasi jalan yang berlokasi di dua Lokasi.

Kades memaparkan,” Betonisasi kita tembuskan kejalan TMMD yang dulu juga pernah diresmikan oleh Bupati Bogor,karena itu adalah salah satu jalan pintas untuk menuju Kabupaten Cianjur,karena jaraknya lebih deket,”Ucapnya.

“Alhamdulillah dengan sudah dicairkannya program Samisade tahap satu untuk Pemdes Buanajaya, kita melakukan betonisasi jalan yang menghubungkan langsung dengan Kabupaten Cianjur,” Kata Sudarjat saat ditemui di lokasi pengerjaan betonisasi kepada Awak media Kamis (16/9/21).

Dia menambahkan, kegiatan betonisasi tersebut memiliki panjang 1 kilo lebih, lebar 3 meter dengan ketebalan 0.20 dan memprioritaskan kwalitas. Hal itu dilakukan agar jalan yang dibangun menggunakan anggaran Samisade tersebut bisa dirasakan manfaatnya oleh warga dengan waktu yang lama.

“Pembangunan jalan ini dikerjakan sesuai spek yang sudah diberikan. Kami juga memetingkan kwalitas coran dengan memakai K 300 agar lebih tahan lama dan tidak mudah retak. Dengan begitu manfaatnya dapat dirasakan berkepanjangan oleh masyarakat,” Sambung Kades.

Sudar sapaan akrabnya memaparkan, dengan adanya program Samisade yang diberikan kepada Pemdes Buanajaya untuk kepentingan masyarskat tersebut dapat meningkatkan laju perekonomian warganya.

“Kalau jalan sudah bagus yang di danai dari Samisade ini kan perekonomian bisa berjalan dengan baik. Apalagi, jalan yang dibangun ini menghubungkan antara Kabupaten Bogor, khususnya Desa Buanajaya menuju ke Kabupaten Cianjur langung,” Paparnya.

Dalam pengerjaan betonisasi, lanjut Sudar, pihaknya memperkerjakan warga sekitar dengan program Padat karya dengan tidak melibatkan pihak ketiga. Agar masyarakat Buanajaya bisa menerima upah ditengah sulitnya mencari pekerjaan dimasa Pandemi Covid 19 tersebu. “Semua pekerja kita karyakan warga sekitar lingkungan agar merasakan manfaat dari adanya program Samisade ini.

Selanjutnya Kades Buanajaya Sudarjat menyampaikan terimakasih yang sebanyak-banyaknya atas bantuan Bupati Bogor,yang telah memberikan bantuan Program Samisade di Desa Buanajaya, Insyaallah kami akan manfaatkan dengan sebaik-baiknya bantuan ini,”Pungkasnya