TNI AL Gelar Doa Lintas Agama Untuk Bangsa dan Negara

Laporan Baim,Dispen AL

Jakarta – TNI Angkatan Laut (TNI AL) gelar doa bersama lintas agama di atas KRI Semarang-594 yang layar di perairan Jakarta dan dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., di dampingi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., serta perwakilan para pemuka agama yang ada di Indonesia, bertempat di Dermaga JICT 2, Tanjung Priuk, Jakarta Utara. Kamis, (23/09).

Kegiatan doa bersama lintas agama ini merupakan bagian dari rangkaian memperingati Hari jadi ke-76 TNI AL. “Kegiatan ini sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkah dan rahmat-Nya, serta untuk meningkatkan keimanan dan memohon keselamatan atas kesuksesan TNI AL dalam melaksanakan pengabdian kepada bangsa dan negara sebagai benteng dan pengawal samudera nusantara sesuai tugas, tanggung jawab dan agama kita masing-masing” ujar Kasal.

Doa bersama lintas agama ini diikuti oleh seluruh jajaran TNI AL secara serentak baik di darat maupun di kapal perang (KRI) yang sedang berlayar. Khusus pelaksanaan doa lintas agama di KRI Semarang-594 turut serta perwakilan tiap agama, yakni Agama Islam diwakili Habib Lutfi Yahya, Agama Katolik diwakili Kolonel Sus Yosep Maria Marcellinus Bintoro, Agama Kristen diwakili Pendeta Gomar Gultom, M.Th., Agama Hindu diwakili Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tanaya, Agama Konghucu diwakili Matakin Ibu W.S. Liliani Lontoh dan Agama Budha diwakili Yang Mulia Biksu Samanta Kusala.

Tidak berbeda dari kegiatan beribadah sebelumnya, kegiatan doa bersama lintas agama kali ini masih di masa pendemi Covid-19 yang belum juga berakhir maka, kegiatan Doa dilaksanakan dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat namun khidmat, sesuai dengan anjuran yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Ujian pandemi ini jangan sampai menyurutkan semangat prajurit TNI AL untuk terus mengabdi dan mengawaki Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT). Karena kunci keberhasilan ini ada pada mental dan spiritual para prajurit guna mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19 dan percepatan pemulihan perekonomian nasional”, ujar Kasal.

Mengingat segala ikhtiar sudah dilakukan oleh seluruh elemen bangsa Indonesia, sejumlah bentuk ikhtiar telah dilaksanakan TNI AL diimplementasikan secara masif dan melibatkan seluruh unsur TNI AL yang langsung terjun ke masyarakat dalam mendukung program pemerintah guna memperkuat imun masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 antara lain, dengan melaksanakan serbuan vaksinasi secara massal ke seluruh lapisan masyarakat, baik di pesisir, pedalaman dan perkotaan.

Turut serta dalam pelaksanaan doa bersama lintas agama ini antara lain, Danpushidrosal, Koorsahli Kasal, para Asisten Kasal, Pangkolinlamil, Danseskoal, Dankormar, Danpuspomal, Kaskoarmada I, Danlantamal III, dan para Kadis terkait, serta undangan lainnya.