Desa Mampir Melaksanakan Pengecoran Betonisasi Jalan Program Samisade tahap 1, Tahun 2021

Laporan Jurnalis : Agus Chandra

BOGOR-POS BERITA NASIONAL
Pemerintah Desa (Pemdes) Mampir Kecamatan Cileungsi kabupaten Bogor, hari Sabtu (04/12/21) mulai pengerjaan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) di tahap 1, dengan pembangunan Betonisasi Jalan Desa yang berada di Kp Peundeuy dan Kp Palasari.

Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) mengatakan, program samisade (Satu Milyar Satu Desa) bantuan dari Bupati Bogor hari ini sudah dikerjakan dengan melibatkan masyarakat setempat sebagai tenaga pekerja nya. Walupun terakhir yang terpenting terealisasi.

“Alhamdulillah Program Samisade dari Bupati Bogor Ade Yasin untuk tahap 1 ini, sudah mulai direalisasikan pada hari ini, dalam pengerjaan nya kami melibatkan masyarakat setempat, agar bisa mendapatkan penghasilan dari pekerjaan ini,” kata Diki Tim Pelaksana Kegiatan, kepada Pos Berita Nasional, Sabtu (04/12/21).

Dijelaskan Diki, kegiatan realisasi samisade tersebut, lokasinya berada di dua titik di Kp peundeuy menuju Kp Palasari RT 019 RW 009 dan RT 021 RW 010. Untuk titik pembangunan Jalan Desa

“Untuk tahapan 1 pada 40 persennya, titik pertama dengan Volume Panjang 210 Meter x Lebar 5 Meter x Tinggi 0,20 Meter. Anggarannya Rp 269.754.700., Sedangkan total anggaran tahap 1 dan 2 sebesar Rp.674.386.800,” dan titik kedua, tahap satu dan dua Volume Panjang 600 x 3 x 0,10 meter dan total anggaran Rp.265.761.000.,Jelasnya Diki.

Sementara Kepala Desa Mampir, Asep Supini, mengatakan, dalam realisasi program Samisade ini, pihaknya mengaku jika masyarakat desanya, menyambut baik program ini. Dan berharap dengan Program ini, masyarakat bisa menerima manfaatnya.

“Pembangunan Betonisasi jalan desa, memang sangat diharapkan masyarakat. Oleh karenanya saya berharap masyarakat, dapat menjaga dan merawat hasil dari pembangunan tersebut nantinya. Ini ditujukan agar kualitasnya bisa awet hingga beberapa tahun kedepan,” kata Asep Supini.

Lebih lanjut Asep Supini menjelaskan, jika pembangunan jalan desa di wilayahnya, sangatlah penting. Jalan desa ini merupakan akses utama warga menuju wilayah Desa Situsari dan Desa Dayeuh, serta memudahkan Akses yang dapat membantu melancarkan aktivitas masyarakat desanya.

“Alhamdulillah Samisade tahap 1 ini sudah turun dan direalisasikan pengerjaannya pada hari ini, dengan pelaksanaan padat karya, oleh warga setempat untuk pengerjaannya dan dibantu Tim Pelaksana Kegiatan (TPK). Jalan ini menghubungkan kedua wilayah Desa, yaitu Desa Situsari dan Desa Dayeuh, Semoga dengan adanya jalan ini bisa membantu warga kami dalam mengais Rizki,” Paparnya.

Untuk tahapan selanjutnya, kata Supini, pada 60 persen ketika kembali turun anggaran. Pihaknya sudah mewacanakan pembangunan, pada sambungan jalan desa yang baru dibangun selesai pada tahap 1 ini.

“Harapan saya sangat besar dengan adanya pembangunan ini, warga saya bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat terutama di bidang perekonomian sehingga dapat menunjang kesehatan dan pendidikan di wilayah sekitar, terutama masyarakat Desa Mampir, dan saya juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bogor yang sudah menurunkan program Samisade di Desa Kami,” Pungkasnya.