MANFAATKAN CUACA BURUK DAN KELENGAHAN PETUGAS, RUSLIM KABUR DARI LAPAS NARKOTIKA

Laporan Jurnalis :  Baim

PANGKALPINANG – Telah terjadi gangguan keamanan dan ketertiban, larinya 1 (satu) orang narapidana (Ruslim bin Haririm) dari Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang. Minggu 13 Februari 2022, sekira pukul 16.00 WIB.

Sugeng Hardono Kepala Lapas Sustik kepada awak media ini mengatakan, Ruslim bin Haririm napi yang dipidana 7 tahun Sub 6 bulan Denda Rp. 800.000,- sisa pidana 5 tahun 9 bulan 15 hari merupakan penghuni blok Teuku Umar kamar 5, kabur melarikan dengan cara memanjat tembok pagar,” kata kalapas.

“Modus pelarian, memanfaatkan situasi cuaca buruk hujan lebat disertai angin kencang,keluar dari blok tanpa sepengetahuan petugas blok, mengunakan tower air antara blok Pattimura dan Blok Hasanuddin untuk melompat dan selanjutnya memanjat pagar ornames dalam,” tuturnya.

Setelah berhasil melewati pagar ornames napi tersebut memanjat tembok keliling dengan ketinggian kurang lebih 6 meter ditambah 1 meter barrier/kawat berduri) menggunakan pipa paralon panjang kurang lebih 2,5 meter.

“Diketahuinya tidak berada pada blok Teuku Umar kamar 5 setelah dilakukan pengecekan/apel penghuni jam 17.00.Wib. Ka. Rupam II bersama anggota berusaha mencari di sekitar lapas namun sampai dengan pukul 18.00 belum ditemukan,hingga melaporkan kejadian ini sekira pukul 18.30 WIB,”ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, kejadian inipun sudah kami laporkan ke Kadivpas dan Kakanwil, sekaligus koordinasi dengan Polres Pangkalpinang guna melakukan pencarian dan membentuk tim yang terdiri dari pejabat struktural dan petugas lapas,kami meminta agar yang bersangkutan segera menyerahkan diri,” pungkasnya.