Poltekkes Pangkalpinang Gelar Evaluasi LAKIP Tahun 2022 di Belitung

Laporan Baim

BELITUNG – Poltekkes Pangkalpinang melaksanakan kegiatan Evaluasi Penyusunan LAKIP Tahun 2022, dihadiri Direktur Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, Wadir I,II dan III. Kasubbag Adak dan Kasubbag Adum Ketua Jurusan dan Ketua Prodi di Lingkungan Poltekkes Pangkalpinang serta Kepala Pusat, Ka. Unit dan Ka. Satuan Pengawas Internal. Selasa (19/07).

Foto: Direktur Poltekkes Pangkalpinang saat menyampaikan arahan dihadapan peserta Lakip.  Selasa (19/07).

Wadir II Nurhayati, M.Kes., selaku Ketua panitia mengatakan, kegiatan ini bertujuan tersusunnya Laporan Kinerja Instansi Pemerintah yang akuntabilitas dengan memperhatikan indikator kinerja yang digunakan, frekuensi pengumpulan data, penanggungjawab, mekanisme perhitungan dan media yang digunakan,”kata Nurhayati.

Evaluasi LAKIP adalah aktivitas analisis yang sistematis, pemberian nilai, atribut, apresiasi, dan pengenalan permasalahan, serta pemberian solusi atas masalah yang ditemukan untuk tujuan peningkatan kinerja dan akuntabilitas instansi/unit kerja pemerintah,”jelasnya.

“Rangkaian kegiatan evaluasi penyusunan SAKIP dimulai dari tanggal 19 s.d 22 Juli 2022 yang dilaksanakan di Swiss-bell Hotel Belitung, total peserta beserta panitia berjumlah 50 orang,”sebutnya.

Adapun output dari kegiatan ini yaitu peningkatan kinerja bagian/unit kerja yang dievaluasi dan peningkatan akuntabilitasnya sebagaimana tersusun dalam LAKIP. Berharap kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar serta mencapai output yang diharapkan,” imbuhnya.

Foto: para pimpinan Poltekkes Pangkalpinang beserta staf.

Direktur Poltekkes Pangkalpinang Akhiat, SKM.,M.Si., dalam arahannya saat membuka acara tersebut mengatakan, LAKIP pada hakikatnya merupakan perwujudan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta pengelolaan sumber daya dan pelaksanaan kebijakan dan program yang dipercayakan kepada setiap perangkat organisasi pemerintah berdasarkan suatu sistem akuntabilitas yang memadai.

LAKIP diharapkan selain dapat digunakan sebagai masukan bagi pengelolaan dan penataan kinerja Politeknik Kesehatan Kemenkes Pangkalpinang juga dapat dimanfaatkan untuk perbaikan dan perencanaan di masa yang akan datang serta dapat dijadikan pedoman atau acuan bagi pejabat struktural maupun Dosen dan staf di lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Pangkalpinang dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya,” tuturnya.

Dijelaskanya, Format laporan LAKIP mengacu pada Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Review atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah. Tersusunnya LAKIP merupakan hasil kerja semua pihak yang turut serta memberikan bimbingan dan masukan sehingga penyusunan LAKIP Politeknik Kesehatan Kemenkes Pangkalpinang dapat diselesaikan sesuai dengan target yang ditetapkan.

Berdasarkan analisis dan evaluasi objektif yang dilakukan melalui Laporan Kinerja Poltekkes Pangkalpinang, diharapkan dapat terjadi optimalisasi peran institusi dan peningkatan efisiensi, efektifitas dan produktivitas kinerja seluruh jajaran pimpinan unit kerja dan pelaksana di lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Pangkalpinang pada tahun-tahun selanjutnya. Hal ini agar dapat mendukung kinerja Politeknik Kesehatan Kemenkes Pangkalpinang secara keseluruhan dalam mewujudkan Good Governance dan Clean Governance,”ungkapnya.

Semoga acara yang kita selenggarakan ini bermanfaat bagi seluruh Civitas Akademi di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang,”pungkasnya.