RS PKU MUHAMMADIYAH TEMANGGUNG HADIRKAN TIM REAKSI CEPAT (TRC

Laporan Redaksi

Temanggung, Pos Berita Nasional
Sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat, RS PKU Muhammadiyah Temanggung telah melaunching unit Layanan cepat yang diberi nama Tim Reaksi Cepat (TRC). Keberadaan TRC terus disosialisasikan kepada masyarakat oleh para dokter, perawat dan anggota TRC melalui berbagai event yang melibatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Seperti dilakukan dr. Mecca Lestina Arsy anggota TRC bersama tim layanan sosial GCC (Gidhza Care Center) RS PKU Muhammadiyah Temanggung saat memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bersama YAI (Yayasan Abulyatama Indonesia) di Temanggung.

“Untuk mendapatkan layanan TRC ketika anggota keluarga ada yang sakit dan butuh pelayanan cepat, maka tinggal telepon saja TRC, tim dengan ambulance akan segera datang menjemput pasien”, tutur dr. Mecca.

Pelayanan TRC tersebut mengacu pada budaya mutu RS PKU Muhammadiyah Temanggung yaitu SOFT & FAST – RAPI (Ramah, Akrab, Profesional, Islami).
Budaya Mutu tersebut jika diartikan akan memiliki makna Smile, Open hearted, Friendly, Tenderly (Soft). Sedangkan Fast berartiĀ Fatonah, Amanah, Shidiq, Tabligh.

Dengan berdasar budaya mutu tersebut Tim Reaksi Cepat memberikan layanan pemberian bantuan gratis jemput sampai dengan jarak 25 km dari RS PKU Muhammadiyah Temanggung
Direktur RS PKU Muhammadiyah dr. Achrudin Timora ketika melaunching Unit Layanan TRC mengatakan, tim yang tergabung dalam TRC terdiri dari dokter, perawat kesehatan, tenaga medis lainnya dan tenaga non medis, yang selalu siaga 24 jam menjemput pasien yang menghubungi TRC RS PKU Muhammadiyah Temanggung.

Pelayanan jemput pasien tidak harus yang di rumah saja tetapi akan diberikan juga kepada korban kecelakaan yang membutuhkan perawatan cepat.
Pelayanan jemput pasien oleh TRC juga diberikan kepada mereka yang menderita gejala stroke, serangan jantung dan lain-lain, yang ketika tidak mendapat pelayanan cepat akan berdampak fatal.

Langkah TRC berkolaborasi dengan GCC tersebut merupakan pioner pelayanan komprehensif yang belum dimiliki lembaga pelayanan kesehatan lain.
Dalam hal layanan sosial, GCC RS PKU Muhammadiyah Temanggung, melakukan pendampingan terkait pengurusan klaim BPJS, pemahaman alur pelayanan RS, dan pendampingan sosial pasien lainnya yang dibutuhkan dalam waktu segera. Adapun layanan tersebut bisa didapatkan di šŸš‘Unit Gawat Darurat (0293) 4909922, šŸ“žPusat Informasi (0293) 596704, šŸ“²Pendaftaran 081-228-508-700 dan TRC Jalan Raya Kedu Km 02 Kalisat, Bulu. Temanggung Tlp/WA 08112515144 atau 081212096700. (Sumber: Budhy HP- Citizen Journalist)