KTT G20, Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Siapkan Konter Bebas Visa Delegasi Dan Jurnalis

Laporan Jurnalis : Gus wedha

Jakarta, – PosberitaNasional.com |Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan konter khusus bebas visa untuk delegasi G20 dan jurnalis.

Kepala Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto mengatakan fasilitas ini diberikan untuk memberikan pelayanan dan kemudahan bagi delegasi G20 dan jurnalis asing yang meliput KTT G20 di Bali pada 15-16 November mendatang. “Izin masuk bebas visa kunjungan (BVK) akan diberikan langsung di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI),” ujar Kepala Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto dalam keterangan tertulis, Sabtu 22 Oktober 2022.

Tito menjelaskan pemberian bebas visa untuk delegasi dan jurnalis G20 diberikan sesuai dengan surat Direktorat Jenderal Imigrasi nomor IMI-GR.01.01-0738 tentang Dukungan Pemeriksaan Keimigrasian Terhadap Orang Asing Delegasi dan Jurnalis Asing Presidensi G20.

Dia memastikan, meskipun diberlakukan bebas visa pemeriksaan keimigrasian tetap sesuai dengan peraturan yang berlaku, yaitu Pemermenkumham Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Pemriksaan Masuk dan Keluar Wilayah Indonesia.

Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta Verico Sandi mengatakan untuk mendukung kelancaran G20 Imigrasi Soekarno-Hatta sudah melakukan beberapa persiapan, antara lain: Kesiapan petugas dan perangkat mobile unit Aplikasi Perlintasan Keimigrasian (APK) khusus untuk melakukan pemeriksaan keimigrasian terhadap delegasi G20 dan Jurnalis
Lounge VVIP untuk delegasi setingkat Menteri
Lounge khusus dengan perangkat Border Control Manajemen (BCM) terintegrasi dengan Bea Cukai dan KKP di Gate 1 Kedatangan Internasional untuk delegasi di bawah Menteri
Konter khusus G20 di Area Imigrasi untuk delegasi dan jurnalis
Rico menjelaskan ada beberapa syarat wajib yang harus dipenuhi oleh jurnalis asing agar dapat fasilitas Bebas Visa Kunjungan, antara lain: Paspor yang sah dan masih berlaku
Tiket kembali atau tiket terusan untuk melanjutkan perjalanan ke negara lain
Bukti pendaftaran atau invitation letter delegasi atau jurnalis asing Presidensi G20 Indonesia 2022
Tiba di Indonesia melalui TPI Soekarno-Hatta atau TPI Ngurah Rai pada tanggal 1 sampai dengan 18 November 2022.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Imigrasi Widodo Ekatjahjana meminta agar seluruh jajaran Imigrasi di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai memberikan pelayanan dan pemeriksaan keimigrasian yang mudah, cepat, nyaman, proper, dan akuntabel kepada seluruh Delegasi G20 dan jurnalis asing. “Berikan kinerja terbaikmu dan jaga citra baik Indonesia sebagai Presidensi G20. Kepada Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi Keimigrasian terkait agar memastikan kinerja terbaik kedua UPT dimaksud untuk ikut secara aktif mensukseskan penyelenggaraan KTT G20 sesuai tugas dan fungsi masing-masing,” kata Widodo dalam keterangan pers Kamis 20 Oktober 2022.

#KTTG20
#BandarasoekarnoHatta

Writer LK/* wd