HUT ke-72 Penerangan TNI AD, Kapendam XIV/HSN: Koreksi Jadikan Vitamin Untuk Produk Yang Terbaik

Laporan Baim

Makassar – Dirgahayu ke-72 Penerangan TNI Angkatan Darat, Penerangan Kodam (Pendam) XIV/Hasanuddin gelar syukuran yang dilaksanakan secara sederhana dipimpin oleh Kapendam Kolonel Inf Rio Purwantoro, S.H., didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Ranting 3 Pen Ny. Liesnisa Rio, bertempat di Mapendam XIV/Hasanuddin, Jl. Urip Sumoharjo Kota Makassar. Jumat, (13/01/2023).

Peringatan ini sebagai ungkapan rasa syukur serta momentum peringatan Hari Jadi sejatinya merupakan sarana untuk melakukan refleksi terhadap apa yang telah dikerjakan pada masa sebelumnya, sekaligus introspeksi diri untuk menemukan kekurangan-kekurangan guna melakukan perbaikan dimasa berikutnya guna mewujudkan TNI Angkatan Darat lebih kuat, modern dan makin dicintai rakyat.

Peringatan HUT ke-72 Penerangan TNI Angkatan Darat tahun ini bertemakan ā€¯Membangun Kepercayaan, Menguatkan Kemitraan. Dihadiri oleh Pamen Ahli Pangdam XIV/Hasanuddin Bid. Manajemen Sishanneg Kolonel Czi Eko Pujianto, C.P., S.Sos., M.Si., Pamen Ahli Pangdam XIV/Hasanuddin Bid. Ideologi Politik Kolonel Inf Fajar Nugraha, Irutum Itdam Kolonel Czi Herman A. Abdullah Ambo Lele., S.Sos., Wakapendam Letkol Inf Drs. Jasaruddin bersama Ibu Wakil Ketua Persit KCK Ranting 3 Pen Ny. Lala Jasaruddin dan seluruh personel Pendam XIV/Hasanuddin.

Dalam sambutan Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Hamim Tohari, M.A., yang dibacakan oleh Kapendam mengucapkan Dirgahayu Penerangan TNI Angkatan Darat, semoga memasuki masa pengabdian yang ke-72 ini, Penerangan TNI Angkatan Darat dapat semakin profesional, adaptif dan inovatif dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI AD.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan Penerangan Angkatan Darat, atas kerja keras, loyalitas, dedikasi, dan pengabdian yang telah dilakukan selama ini, sehingga Penerangan TNI Angkatan Darat mampu berperan secara signifikan dalam meningkatkan citra positif TNI dan TNI AD di masyarakat,” Tuturnya.

Lebih lanjut Kadispenad mengatakan bahwa diseminasi informasi yang dilakukan tidak akan terselenggara secara efektif dan efisien jika tidak didukung oleh peran media di luar institusi TNI AD. Oleh karenanya kemitraan dan sinergi dengan para insan media harus terus diperkuat dengan melakukan komunikasi dan kegiatan-kegiatan bersama yang mampu menguatkan kemitraan dan sinergi tersebut.

Di akhir sambutannya Kadispenad menyampaikan apresiasi serta terima kasih kepada rekan-rekan media, baik media cetak, elektronik maupun online di seluruh wilayah Indonesia atas dukungan kerjasama dan sinergi yang baik selama ini. Semoga kerjasama ini dapat terpelihara dan ditingkatkan demi pengabdian bersama kepada bangsa dan negara.

Disamping itu, Kolonel Rio juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh personel Pendam yang telah melaksanakan tugas sebagai insan Penerangan dan telah banyak membantu serta mendukung tugas yang diberikan Pimpinan sehingga pada rakor Penerangan tahun 2022 lalu mendapat pujian dari Komando Atas.

“Apa yang sudah kita perbuat, ini sudah bisa dirasakan oleh publik ataupun pembaca berita. Peran kita Pendam terkait dengan pemberitaan telah mengangkat citra positif TNI Angkatan Darat khususnya Kodam XIV/Hasanuddin.

Dalam beberapa dekade ini, kita telah mempunyai nilai positif, seperti yang disampaikan ke saya pada saat pelaksanaan Rakoor tahun 2022 lalu. Saya harapkan ini menjadi motivasi, kebanggaan untuk bisa lebih baik lagi guna melaksanakan fungsi dan tugas kita sebagai insan Penerangan,” Jelas Kapendam.

“Jangan lelah, jangan kendor, apa yang sudah diperbuat ataupun menjadi koreksi itu hal biasa, teguran sekalipun tidak akan membuat kita mundur, tetapi jadikan vitamin, supaya lebih baik lagi dalam menyajikan produk-produk Penerangan yang terbaik bagi kemajuan TNI Angkatan Darat,” Sambungnya.

Pada kesempatan ini pula Kapendam menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan media ataupun wartawan khususnya yang berada di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin, yang telah bersinergi dan berkontribusi dengan mempublikasikan berita-berita kegiatan ataupun informasi tentang Kodam Hasanuddin, sehingga Kodam XIV/Hasanuddin makin dikenal masyarakat luas dan lebih dekat dengan rakyat.

Untuk diketahui pada acara ini juga dilaksanakan pemberian bantuan tunai dan makan bersama dengan puluhan anak yatim dari Panti Asuhan Tobalu Makassar dan kaum dhuafa atau warga tidak mampu sebagai bentuk kepedulian Kapendam dalam membantu kesulitan masyarakat sekitar sesuai arahan Bapak Kasad melalui Pangdam XIV/Hasanuddin.

Selain itu di penghujung acara dilaksanakan ramah tamah dan penyerahan hadiah kepada lomba pemenang sepak takraw, domino dan makan telur yang merupakan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT ke-72 Penerangan TNI Angkatan Darat Tahun 2023.