Spirit KTT ke-43 ASEAN, Ciptakan Kawasan ASEAN dan Indo-Pasifik yang Damai

Laporan Baim

Jakarta, – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan dukungan penuh penyebaran atau diseminasi informasi mengenai seluruh rangkaian pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. Melalui keketuaan ASEAN, Indonesia ingin memastikan bahwa manfaat ASEAN harus dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong mengatakan, seluruh rangkaian pertemuan membahas pilar kerja sama ASEAN bidang politik, keamanan, ekonomi, dan sosial budaya. Selama KTT ke-43 ASEAN, Presiden Joko Widodo memimpin 12 pertemuan.

“Bukan cuma soal ekonomi saja yang dibahas, kita juga bicarakan geopolitik, misalnya dari salah satu spirit KTT ke-43 ASEAN adalah menciptakan kawasan ASEAN dan Indo-Pasifik yang damai. Karena itu, meski fokus pada ekonomi, tidak bisa dipisahkan dengan bidang-bidang lainnya,” kata Usman, Rabu (6/9/2023).

Usman mengatakan, Kementerian Kominfo akan menyebarluaskan informasi mengenai substansi dan penyelenggaraan rangkaian KTT ke-43 ASEAN. Menurutnya, selain media center yang bisa diakses oleh jurnalis atau media yang terdaftar, Kementerian Kominfo tetap akan membantu jurnalis nasional maupun asing yang akan melakukan peliputan.

“Untuk media yang tidak bisa meliput karena berbagai hal, mereka bisa memperoleh gambar lewat virtual newsroom. Ada grup WhatsApp yang disediakan khusus bagi media asing, tetapi untuk media nasional sudah ada WAG dengan Biro Humas maupun Ditjen IKP kementerian Kominfo,” kata Usman.