KABUPATEN DAN KOTA SORONG DALAM WAKTU DEKAT AKAN MENIKMATI MANFAAT AIR BAKU

Laporan Jurnalis : Jermias Maay

Pos Berita Nasional. Com, Kota Sorong. Bertempat di Swiss Bill Hotel dalam diskusi menarik yang dipaparkan oleh Kabalai BWS Papua Barat II sungguh luar biasa, pada kesempatan itu beliau menjelaskan dalam waktu dekat ini akan dilakukan pekerjaan Air Baku yang pertama untuk Spam Regional wilayah Sorong yang meliputi kabupaten Sorong dan Kota Sorong dengan menggunakan Air baku yang telah dibangun dari sungai Warsamsum, jelas Kabalai.


Dan Bapak Alexander Leda ST. MT yang kesehariannya juga berprofesi sebagai Kabalai BWS Provinsi Papua Barat menyampaikan untuk pengembangan kedepan nantinya akan dibangun dari Provinsi SDA Balai beserta jaringannya yang kurang lebih 12 kilometer dan itu memang sudah tugas mereka dan nantinya akan ditindaklanjuti oleh teman – teman Cipta Karya kemudian akan dibangun Instalasi Pengelolaan Air Minumnya ( jaringan IPA) dan itu nantinya ada kerja sama dengan BLUP Provinsi dan PDAM Kabupaten dan Kota Sorong untuk pengembangan Jaringan Transmisi distribusi sampai pada jaringan sambung rumah tandasnya.

Disela – sela itu juga, Pak Alex sapaan akrabnya yang sehari – hari dipanggil menyampaikan jadi tahab pertama rencananya untuk Kabupaten dan Kota Sorong nanti teman – teman dari Balai Cipta Karya akan membangun instalasi kurang ,lebih 300 liter perdetik jelasnya.
Kemudian kami juga akan melihat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang ada di Kabupaten Sorong dimana, dalam studi sekarang ini Kawasan Ekonomi Khusus membutuhkan air baku kurang lebih 600 liter perdetik dan sumber air bakunya nanti diambil dari sungai Klamono dengan jarak 41 kilometer, Ujar kabalai.

sementara ini untuk Kawasan Ekonomi Khusus kami dari Balai Sungai sudah membangun itu ada 5 liter perdetik ini yang fokusnya untuk Adminstraturnya atau kantor saja dan itu pekerjaannya dengan menggunakan Sumur Bor dan dibawa dengan pipa transmisi dan nantinya dilanjutkan oleh teman – teman dikabupaten Sorong untuk jaringan kedalam KEK ungkanya.

Jurnalis Pos Bernas Kota Sorong Juga Sempat bertanya kepada Kabalai terkait dengan pembangunan Embung yang hari ini pemanfaatanya belum berjalan secara optimal dan beliau menyampaikan sementara ini kami akan melakukan evaluasi terhadap pemanfaatan Embung dan sekarang ini kita lagi mengimventarisir terkait informasi yang disampaikan oleh masyarakat dilapangan dan kami langsung membentuk team tekhnis untuk meninjau keadaan dan lokasi dilapangan ujar Kabalai. Dan hari ini kita tahu indikator yang dan sangat urgen adalah orang yang menjaga dan merawat pemanfaatnya jadi kedepannya kami berinisiasi agar masyarakat setempat yang mengelola dan menjaganya secara baik.

Diakhir penyampaian Kabalai menyatakan bahwa kami hari ini akan berjuang dan melayani masyarakat yang ada di Provinsi Papua Barat secara komprehensif terutama yang ada di kampung – kampung dalam pelayanan manfaat air baku sehingga masyarakat dapat menikmatinya dengan baik.