Serka D. Wanma Pimpin Pertandingan Final Tinju Kejuaraan Nasional Aantar PPLP/D DAN SKO Se-Indonesia

Laporan Jurnalis : Hermanus Sagisolo

Manokwari,-pos bernas.com Sudah bukan rahasia umum lagi, menjadi seorang anggota TNI secara garis besar tugasnya adalah menjaga keamanan negara. Meski begitu, satu nama yaitu Serka D. Wanma yang notabanenya anggota TNI Angkatan Darat berdinas di Kodim 1801/Manokwari diberi kepercayaan menjadi wasit dalam event Kejuaraan Nasional antar PPLP/D dan SKO Se-Indonesia di Lapangan Borarsi Distrik Manokwari Barat Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat, pada Sabtu (16/11/2019).

Serka D. Wanma adalah mantan atlet tinju Papua yang beralih menjadi Pelatih dan Wasit Tinju serta yang sehari-hari menjadi Babinsa Kelurahan Sanggeng Ramil 1801-01/Manokwari. Walaupun Serka D. Wanma disibukkan dengan bakatnya di olahraga tinju, tetapi anggota TNI tersebut masih ingat dengan tugas pokoknya sebagai Babinsa yang harus selalu ada untuk membina warga binaanya.

Aksi Serka D. Wanma yang begitu profesional saat pimpin pertandingan diatas ring tersebut, disaksikan langsung Komandan Kodim 1801/Manokwari Kolonel Inf J. Lumbantoruan, S.Sos, M.Si. Adapun Kejuaraan Nasional antar PPLP/D dan SKO tersebut diikuti atlet Putra dan Putri dari 17 Provinsi.

Pada Kesempatan itu, Serka D. Wanma mengatakan “ Saya bergelut menjadi wasit tinju mulai dari Tahun 2005 dan sudah sering pimpin pertandingan di beberapa daerah. Menjadi wasit itu adalah sebuah tantangan. Karena seorang wasit harus selalu waspada dan memutuskan dengan cepat karena kesalahan kecil dari seorang wasit bisa berakibat fatal bagi petinju.”

Saat dikonfirmasi pada saat di ruang penonton, Kolonel Inf J. Lumbantoruan, S.Sos, M.Si. menyampaikan bahwa saya sangat bangga dengan Serka D. Wanma bisa menjadi Wasit di Event yang bergengsi ini. Karena tugas Babinsa harus selalu berada ditengah-tengah masyarakat dan menjadi motivator serta inspirator bagi masyarakat di daerahnya.