Biro Pemerintahan Setda Papua Barat Memantau Langsung Pilkades Di Sorsel

Laporan Jurnalis : Hermanus sagisolo

Teminabuan,- pos bernas.com Pemilihan kepala desa (Pilkades) atau kampung di Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) secara serentak tahap pertama berlangsung pada Kamis (05/12/2019) kemarin di 6 distrik yakni Distrik Moswaren, Wayer, Seremuk, Sawiat, Salkma dan Fkour.

Pelaksanaan Pilkades di semua kampung yang ada di 6 distrik tersebut berlangsung aman dan lancar. Semua warga antusias datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilihnya secara demokratis.

Pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sorsel mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat yang menugaskan Kabag Bina Pemerintahan Distrik, Kelurahan dan Kampung Biro Pemerintahan Setda Provinsi Papua Barat (PB) Nimbrot Idie, S.Sos untuk memantau langsung pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Sorsel
yakni di wilayah Distrik Moswaren dan Wayer.

Pada kesempatan tersebut Staf Ahli Bupati bidang Keuangan Drs.Alexander Homer juga ikut mendampingi. Sementara Asisten I bidang Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Sorsel Yoseph Bless, SH, MH memantau pelaksanaan Pilkades di wilayah Distrik Seremuk, Sawiat, Salkma dan Fkour.

Berdasarkan pantauan pos bernas.com di wilayah Distrik Moswaren dan Wayer, warga antusias datang sejak pagi hari untuk memilih calon kepala kampung sesuai hati nuraninya. Panitia Pilkades melaksanakan tahapan seperti pelaksanaan pemilihan umum.

Warga datang dengan membawa undangan untuk coblos. Sebagian besar kantor kampung menjadi TPS Pilkades. Setiap TPS diamankan oleh 2 orang anggota Polres Sorsel. Prajurit TNI juga ikut mengamankan di sejumlah TPS.
Agar ketika ada Kendala teknis di lapangan bisa segera teratasi dengan baik.

Setelah pemungutan suara, Panitia Pilkades tingkat kampung istirahat makan siang Setelah itu dilanjutkan dengan perhitungan perolehan suara masing-masing calon kepala kampung. Setelah diketahui calon kepala kampung yang terpilih langsung dibuatkan berita acara penetapan untuk diserahkan bersamaan dengan C1 Plano kepada Badan Perwakilan Kampung (Baperkam). Selanjutnya Baperkam menyerahkannya kepada kepala distrik (Kadistrik) untuk diteruskan kepala Panitia Pilkades tingkat Kabupaten Sorsel.