Dengan Nilai – Nilai Trisila TNI AL, AAL Tingkatkan Pembinaan Tradisi dan Profesi.

Laporan jurnalis ibrahim

Posberitanasional.com, 12/12/19, Surabaya-Dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Trisila TNI Angkatan Laut sebagai landasan hidup, Akademi Angkatan Laut (AAL) meningkatkan Pembinaan Tradisi dan Pembinaan Profesi.

Hal tersebut, diungkapkan Kepala Departemen Pelaut Akademi Angkatan Laut (Kadeppel AAL) Letkol Laut (P) Awang Bawono, S.E., M.M., M.A.P. dalam sambutan pada Apel Pendidikan di lapangan Aru, AAL, Bumimoro, Surabaya, Kamis (12/12/2019).

“Nilai-nilai yang terkandung dalam Trisila TNI Angkatan Laut adalah Disiplin, Hierarki dan Kehormatan Militer”.

Kadeppel AAL menegaskan kepada seluruh Taruna, untuk mempersiapkan UAS yang akan dilaksanakan tanggal 7 Januari 2020, dan masing-masing prodi akan memberikan soal latihan. “Maksimalkan cuti, untuk berkumpul bersama keluarga dan jangan lupa tetap belajar di rumah. Selain itu, selalu menjunjung tinggi “Hree Dharma Santi” dan bukan sebaliknya, hanya sekedar motto”.

“Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha”, If you know the enemy and know yourself, you need not fear the results of a hundred battles. Musuh = malas, belajar dengan rajin dan tekun, pasti hasilnya lebih baik daripada yang cerdas tapi malas.
Kecerdasan itu, Anugerah dari Tuhan yang wajib disyukuri, tapi bagi yang kurang cerdas dan rajinlah belajar.

Ditambahkan, know your self and optimized your capability, than make a plan to achieve your goal. Be the best Planner for yourself. “Semua kegiatan, wajib terencana dengan baik”, kata Kadeppel AAL.

Kadeppel AAL juga mengungkapkan tentang Sun Tzu (500 BC) seorang jenderal militer Tiongkok kuno, yang merupakan ahli strategi dan filsuf. “Menurut Sun Tzu, more plan more possibility of victory, while less plan less possibility of victory. How about without plan?”.

“Be motivated. Jadilah pribadi yg selalu termotivasi, semangat dalam mengikuti pendidikan”, pesan Kadeppel AAL, sebelum mengakhiri sambutannya kepada seluruh Taruna Taruni AAL.

Hadir pada acara tersebut, segenap pejabat utama, para Komandan Batalyon, segenap pengasuh resimen serta seluruh Taruna Taruni Akademi Angkatan Laut.

Kabagpen AAL Letkol Laut (KH) Imam Setiadi, S.Sos., M.M.