Bawaslu Sorong Selatan Melakukan Seleksi Panwascam Menggunakan Aplikasi Cat atau Online

Laporan Jurnalis : Hermanus Sagisolo

Teminabuan,- pos bernas.com Jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak se-Indonesia Bawaslu Sorong Selatan melakukan tahap seleksi panwascam guna membekap kerja kerja Bawaslu di tingkat distrik se-kabupaten Sorong Selatan.

Anita Dessyana kamesrar. S.IK anggota Bawaslu devisi SDM yang juga adalah ketua pokja saat di temui pos bernas.com mengatakan sesungguhnya kegiatan hari ini bagian dari program Bawaslu secara nasional dan khususnya bagi daerah yang akan melaksanakan pemilukada serentak pada tahun 2020 mendatang.

Ia katakan animo masyarakat terhadap proses demokrasi di kabupaten Sorong Selatan sangat tinggi, hal ini di buktikan dengan jumlah peserta seleksi panwas kecamatan (panwascam) sangat membludak hingga mencapai angka 211 peserta.

Menurutnya dari semua kabupaten di Papua barat yang melakukan seleksi panwascam, kabupaten Sorong Selatan memiliki jumlah peserta yang lebih banyak, olehnya itu ia katakan dalam seleksi ini akan di lakukan selama 2 hari dan satu hari di bagi menjadi 4 sesi.

Ia katakan seleksi yang di lakukan ini mempunyai alasa yang kuat yaitu berkaitan erat dengan Pemilukada serentak se-Indonesia pada tahun 2020 mendatang dan kabupaten Sorong Selatan adalah salah satu yang ikut dalam kontestan tersebut.

Ia berharap seleksi panwascam kali ini yang menggunakan aplikasi cat dapat mengahasilkan panwascam panwascam yang memiliki integritas serta bisa memahami tugas dan tanggung jawab seketika telah menjadi panwas distrik tuturnya.

Selain itu di tempat yang sama ketua Bawaslu kabupaten Sorong Yulius Yarolo. S.IP mengatakan hasil seleksi panwascam kali ini sangatlah berbeda karena dengan cara online tidak offline.

Ia berharap dengan seleksi panwascam dengan cara online dan menggunakan aplikasi cat ini dapat menghasilkan panwas distrik yang sudah siap dan mampu dalam menjalankan tugas tugas penwascam dengan baik dan penuh tanggung jawab pada Pemilukada di tahun 2020 mendatang.

Ia katakan sesungguhnya dalam seleksi kali ini tidak di akomudir kepentingan dalam bentuk apapun tetapi hanya mengakomodir kepentingan pengawasan sehingga ia katakan seleksi cat hari ini di tentukan oleh peserta itu sendiri karena di penghujung soal yang di kerjakan peserta langsung mengetahui hasil atau jumlah nilai yang di terima olehnya.