Guna menjadi Tempat Informasi ketua Bawaslu Papua barat Meresmikan Ruang pojok Pengawasan

Laporan Jurnalis : Hermanus Sagisolo

Teminabuan,-Pos Bernas.com Guna mendapatkan informasi serta memahami akan pentingnya proses demokrasi yang aman serta menghasilkan Pemilukada yang baik dan bermartabat maka Bawaslu kabupaten Sorong selatan melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif serta peresmian pojok pengawasan pada Jumat, 20/03/2020.

Dalam acara sosialisasi tersebut di hadiri oleh ketua Bawaslu provinsi Papua Barata ibu Marleni Momot ST, Ketua Bawaslu kabupaten Sorong Selatan, bapak Yulius Yarolo, serta kedua komisioner Bapak Nelson R Saflesa, S.Sos devisi pengawasan  dan ibu Anitha D Kamesrar, S.ik devisi SDM, panwascam se-kabupaten Sorong Selatan serta tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan pelajar SMA.

Ibu Marleni Momot, ST ketua Bawaslu provinsi Papua Barata dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengatakan peresmian pojok pengawasan pada hari ini sesungguhnya bertujuan agar menjadi tempat informasi untuk setiap tahapan Pemilukada yang sedang berjalan di kabupaten Sorong Selatan.

Ia juga menyampaikan pojok pengawasan ini di buka untuk umum agar masyarakat yang belum paham tentang apa itu tugas dan fungsi dari Bawaslu, selain itu beliau katakan pojok pengawasan ini akan ada di setiap panwascam se-kabupaten Sorong Selatan agar dapat memberikan informasi tentang tugas tugas panwas tetapi juga setiap tahapan jelasnya.

Menurut beliau hal ini di lakukan agar seluruh komponen masyarakat tidak mendengar kabar sepihak atau memperbesar info dengar tanpa kita melakukan kroscek terhadap sumber tersebut terlebih dahulu sehingga menimbulkan kondisi yang baru di dalam masyarakat.

Ia katakan pojok pengawasan hadir guna menyajikan data serta informasi kepada seluruh lapisan masyarakat, agar dapat mengikuti segala tahapan dengan baik dan juga bersama Bawaslu bersama sama mengawal proses demokrasi pilkada di kabupaten Sorong Selatan ini jelasnya.

Beliau juga katakan demi mewujudkan pengawasan yang berkualitas maka dalam waktu dekat ini Bawaslu akan membentuk forum warga agar dapat mensosialisasikan tahapan pilkada serta melakukan pengawasan secara bersama sama.

Selain itu pada kesempatan yang sama ketua Bawaslu kabupaten Sorong Selatan Yulius Yarolo dalam sambutannya mengatakan dalam rangkaian peresmian pojok pengawasan yang di lakukan saat ini adalah bentuk realisasi serta amanah dari Bawaslu RI yang harus dilaksanakan karena bagian ini termasuk dalam kerja kerja pengawasan.

Beliau pun katakan pojok pengawasan ini merupakan media yang dapat memberikan informasi kepada setiap kabupaten yang melakukan pelkada terlebih khusus di kabupaten Sorong Selatan, ia menjelaskan kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya pada pilek pilpres juga di lakukan hal yang sama.

Lebih lanjut ia katakan jiga masyarakat menemukan hal-hal yang menurutnya tidak sesuai dengan undang-undang kepemiluan bisa mendatangi dan melaporkan pada petugas yang berada di ruang pojok pengawasan. beliau katakan ini tempat kita ini rumah kita terbuka untuk umum.

Selain itu ia juga mengharapkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilukada karena menurutnya kami Bawaslu  memiliki personil yang kurang di tingkat kabupaten kami 3 orang di tingkat distrik 45 orang di tingkat kampung 123 orang serta akan di tambah dengan pengawas TPS dalam melakukan pengawasan terhadap pesta demokrasi  di kabupaten Sorong Selatan yang memiliki letak wilayah yang cukup luas olehnya itu kami sekali lagi berharap peran dari masyarakat bersama Bawaslu dalam mengawal proses demokrasi ini.