Guna Menjalankan Pengawasan Di Tingkat Distrik, Bawaslu Sorsel Melakukan PAW bagi Dua Anggota Panwascam.

Laporan Jurnalis : Hermanus Sagisolo

Sorsel, posberitanasional.com
Guna menyukseskan pimilihan kepala daerah (pilkada) 2020 di kabupaten sorong selatan bawaslu melakukan pelantikan antar waktu bagi panwascam distri seremuk dan distrik kais.

Kegiatan yang di selenggarakan pada Senin, 20/07/2020 di gedung kantor bawaslu, yang berjalan kurang lebih satu jam itu berjalan aman dan lancar, serta di hadiri langsung oleh ketua bawaslu Yulius Yarolo, S.IP dan kedua komisioner Bawaslu Joas Saflembolo, SH Anitha D kamesrar, S.IK serta di dampingi sekertaris bawaslu Ferry Way, SE

Ketua Bawaslu kabupaten Sorong Selatan Yulius Yarolo, S.IP

Usai prosesi pelantikan ketua bawaslu Yulius Yarolo saat di temui di ruang kerjanya mengatakan sesungguhnya kegiatan pelantikan hari ini bagi panwascam distri seremuk dan kais merupakan amanat undang-undang yang perlu di laksanakan.

Ia menjelaskan pergantian terhadap dua panwascam dari distrik seremuk dan kais tentunya memiliki alasan masing-masing. Di katakannya seperti distrik seremuk Abner Majefat yang bersangkutan mengundurkan diri panwascam, sedangkan distrik kais dilakuan pergantian di sebabkan karena  Agustinus Anton telah meninggal dunia.

Penandatangan berita acara sumpah janji jabatan

Lebih lanjut ia menuturkan perlu di ketahui oleh publik bahwa jajarannya di tingkat bawah dalam hal ini panwascam harus di lengkap secara struktural agar selalu siap dalam menghadapi tahapan pilkada yang sedang bergulir.

Ia juga katakan terkait prosesi pelantikan yang baru saja berlangsung ia tegaskan bahwa pelantikan tersebut sah serta memenuhi prosedur hukum, mengingat tahap yang semakin padat sehingga tugas ini tidak bisa di jalankan oleh dua orang panwascam, maka pada hari ini kami melakukan pelantikan terangnya.

Ia jelaskan kini kita telah memasuki beberapa tahapan pilkada saat ini kita ada pada tahapan pencoklikan, dan di lanjutkan nanti dengan pendaftaran, kampanye nah dalam proses ini butuh energi serta keseriusan karena tahapan ini sangatlah berat sehingga kami memandang perlu dalam melakukan pelantikan ini.

Katanya yang di Lantik hari ini merupakan mereka yang telah mengikuti tes bersama panwascam yang lain, dan mereka ini masuk dalam kategori daftar tunggu yang memenuhi syarat dan ketentuan dalam aturan bawaslu. Menurutnya yang di Lantik pada hari ini dari distrik seremuk atas nama Viktor kaliele dan dari distrik kais Yongky Nipai tuturnya.