123 Anggot Panwas Tingkat Kampung/Desa se-kabupaten Sorong Selatan Di Lantik

Laporan Jurnalis : Hermanus sagisolo

Teminabuan,-Pos Bernas.com Berkomitmen memgawal tahapan pilkada Bawaslu kabupaten Sorong Selatan terus memperkuat pengawasan demi terciptanya demokrasi yang aman, damai serta bermartabat.
Hal tersebut di buktikan dengan di adakan pelantikan serta Bintek bagi panitia pengawas kelurahan/desa se-kabupaten Sorong Selatan.

Dalam kegiatan pelantikan serta bintek yang dilakukan di gedung aula SMA negeri 1 teminabuan pada Rabu, 18/03/2020 di hadiri langsung oleh ketua Bawaslu provinsi Papua Barata ibu Marleni Momot, ketua Bawaslu kabupaten Sorong Selatan, bapak Yulius Yarolo, S.IP serta kedua komisioner Bawaslu, bapak Nelson R saflesa, S.Sos, devisi pengawasan dan ibu Anitha D kamesra, S.IK devisi SDM.

Ibu Anitha D kamesrar, S.IK saat di temui usai kegiatan tersebut di ruang kerjanya mengatakan tujuan dari pelantikan serta bintek bagi panwas tingkat desa hal ini bertujuan guna mereka mengerti serta memahami tugas serta kewenangan mereka tetapi juga memahami setiap tahapan yang sedang berjalan.

Selain itu beliau katakan Bintek ini juga bertujuan agar anggota panwas tingkat desa ini bisa mengawal setiap proses yang berlangsung apa lagi saat ini kabupaten Sorong Selatan di perhadapkan dengan calon perseorangan atau independen yang baru pertama kali ikut dalam bursa pencalonan kepala daerah.

Lebih lanjut beliau mengatakan dalam tahapan calon perseorangan atau independen telah beberapa tahapan sudah di lakukan di antaranya verivikasi atministrasi sudah di lewati dan kini memasuki verivikasi vaktual, memasuki bagian ini tentunya membutuhkan konsentrasi bagi pengawas desa yang baru saja di lantik karena proses ini adalah Rana dari panwas tingkat kampung.

Selain itu juga beliau sampaikan dalam verivikasi faktual yang nanti di laksanakan yaitu menggunakan format sensus oleh karena itu, bintek tadi bertujuan agar menjadi bekal bagi panwas kampung dalam menjalankan tugasnya.

Beliau katakan jumlah PPL se kabupaten Sorong Selatan yang baru saja di Lantik berjumlah 123 orang, jumlah tersebut sesuai jumlah kampung atau desa yang berada di kabupaten Sorong Selatan jelasnya.