Pilkades Wermit Daniel Thesya Ungul

Laporan Jurnalis : Hermanus Sagisolo

Teminabuan,- pos bernas.com Kesadaran akan sebuah demokrasi Nampak terlihat pada masyarakat kampung wermit distrik Teminabuan kabupaten Sorong Selatan provinsi Papua Barat, yang antusias datang ke tepat pemungutan suara (TPS) guna menyalurkan hak pilihnya dalam pemilihan kepala kampung periode (2019-2025). Kegiatan tersebut di laksanakan pada, Kamis (19/12/2019)

Ketua panitia penyelenggara Yuliyanus Hosyo saat di temui pos bernas.com mengatakan, pelaksanaan pemilihan kepala kampung wermit hari ini di ikut oleh dua kandidat yaitu Saria Saopar dan Daneiel Thesya kedua kandidat ini telah mengikuti segala tahapan sebagai calon kepala kampung wermit jelasnya.

Selain itu Hosyo menyampaikan terimakasih kepada warga masyarakat kampung wermit karena telah mendukung panitia dalam menyukseskan proses pemilihan kepala kampung wermit, hal tersebut nampak terlihat jelas dengan adanya antusias masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya.

Ia mengaku dalam proses pemilihan ini ia bersama jajaran kepanitiaan mengalami kendala dalam mendistribusikan undangan kepada warga masyarakat yang mempunyai hak pilih, namun hal tersebut tidak mematahkan semangat warga untuk datang menyalurkan hak suaranya kepada kandidat yang menjadi idola mereka.

Dalam proses pemilihan tersebut kami panitia memberikan penghormatan kepada kedua bakal calon untuk melakukan pencoblosan mendahului warga masyarakat dan ikuti oleh masyarakat kampung wermit seluruhnya.

Lanjut Hosyo waktu yang di tetapkan oleh pemerintah dalam proses pildas ini mulai jam 07:00-12:00 wit namun karena kami mengalami beberapa kendala akirnya kami mengalami perubahan waktu, dan mulai star jam 09:00-14:00.

Ia katakan dalam proses Pilkades kampung wermit jujur, bebes dan terbuka, kandidat nomor urut satu Saria saopar mengantongi 150 suara dan kandidat kedua Daniel Thesya mengantongi 220 suara maka, dengan perhitungan suara sah yang di peroleh oleh kandidat nomor 2 dinyatakan berhak mengantongi kades wermit.

Ia juga bersyukur kepada Tuhan yang mana telah menganugerahkan cuaca yang baik di hari ini, juga terimakasih kepada Polri-TNI yang mana telah membekaap serta memberikan rasa nyaman dalam poses Pilkades di kampung wermit ini tandasnya.