Apel Gelar Pasukan Kesiapan Bencana Tahun 2020 Bupati Menyerahkan 2 Kendaraan Dinas.

Laporan Jurnalis : Agus semunya

Teminabuan,- Pos bernas.com Apel gelar pasukan dan peralatan dalam rangka kesiapan penanganan bencana tahun 2020 kegiatan tersebut di pimpinan langsung oleh Bupati Sorong Selatan Samsudin angeluli, SE.MAP apel tersebut berjalan aman dan lancar dan kegiatan tersebut di selenggarakan di lapangan terinati teminabuan kabupaten Sorong Selatan provinsi Papua Barat pada  Rabu, 08/01/2020 .

bupati dalam sambutannya mengatakan wilayah Indonesia berada pada posisi strategis di antara benua Asia dan Australia serta di lalui garis katulistiwa hal tersebut menyebabkan welayah Indonesia rentang terhadap perubahan iklim atau cuaca.

Selain itu Indonesia berada pada tumpuk lempeng tektonik eurasia-pasifik dan indo-australia serta letak geografis pada lingkungan cincin api pada gunung fulkanik hal ini berpotensi terjadinya bencana antara lain perubahan iklim yang ekstrim, gempa bumi banjir serta bencana lainnya.

Baginya bencana merupakan sebuah peristiwa alam namun bencana juga merupakan wujud dari tindakan manusia yang kurang bijak dalam mengelola sumber daya alam (SDA) sehingga mengakibatkan terjadinya bencana yang mengakibatkan kerugian yang cukup besar, kerusakan lingkungan bahkan korban jiwa.

Menurut data BNPB Januari hingga November 2019 tercatat 2.829 bencana yang melanda Indonesia, di antaranya puting beliung 880 kejadian, banjir 657 kejadian, tanah longsor 621 kejadian, kebakaran hutan 508 kejadian, kekeringan 118 kejadian, gempa bumi 24 kejadian, gelombang pasang 14 kejadian, serta kini yang kita telah saksikan bersama di awal tahun 2020 ini banjir yang melanda ibukota Jakarta.

Sehingga menurut bupati sesuai catatan BNPB ini kita semua mengunakan sebagi rujukan dalam mengambil keputusan dalam menangani peristiwa alam agar tidak berdampak buruk bagi kita sekalian.

Menyikapi hal tersebut polri serta seluruh jajaran dalam hal ini polres sorong selatan, Polda Papua Barat bekerja sama dengan BPBD sorsel, Basarda,  TNI dan pemerintah beserta potensi lainya melaksanakan kesiap siaga dengan di awali apel pencekan personil dan peralatan di pagi ini.

Pada apel tersebut bupati juga menyerahkan dua yunit Kendaran kepada satpol PP dan Damkar serta di terima langsung oleh kepala satpol PP dan kepala damkar sebagai alat penunjang tugas dalam siaga bencana khusus di kabupaten sorong selatan.