Kungker KPAD Babel ke Polda Kepulauan Bangka Belitung 

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 14/1/2020, PANGKALPINANG – Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Provinsi Bangka Belitung mendatangi Kapolda Bangka Belitung Brigjen Pol Anang syarif Hidayat dalam rangka kunjungan kerja dan silaturahmi sekaligus pemberian apresiasi kepada kapolda dalam penanganan kasus-kasus terhadap anak khususnya diwilayah provinsi kepulauan Bangka Belitung. Kedatangan Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) diterima langsung oleh Kapolda beserta jajarannya di ruang kerja, siang sekira pukul 14.05 Wib. Senin ( 13/1).

Dalam kesempatan tersebut ketua KPAD Sapta Qodria Muafi,SH didamping oleh sekretaris Try Murtini,S.Pd dan beberapa pengurus komisoner seperti Yuli Sistriani,S.Pd dan Nova Irawaty,S.Psi dan staff.

Ka.KPAD Babel, Sapta mengatakan, kedatangan kami ini merupakan kepanjangan tangan KPAI  dalam rangka kungker dan silaturahim sekaligus memberikan penghargaan sebagai bentuk kepedulian kapolda dan jajaran dalam menyingkapi kasus-kasus yang melibatkan anak-anak, contoh kasus yang ada di batu belubang tanggal 21/12/2019 (Penikaman terhadap warga lokal yang diakukan oleh oknum warga pendatang) mengakibatkan terjadi sweping hingga berbuntut panjang pengusiran, kala itu di ungsikan ke polresta pangkalpinang dan kapoldapun langsung turun ke lapangan untuk melihat  kondisi anak-anak tersebut dan kemudian berkordinasi dengan KPAD untuk memfasilitasi korban anak-anak tersebut dan menciptakan suasana tetap kondusif hingga anak tersebut di pulangkan ke rumah masing-masing dan masyarakat tetap mempercayakan kepada pihak kepolisian dalam menyingkapi permasalahan hukum,” ungkap Sapta.

Sapta menambahkan selain itu KPAD juga akan memberikan kepada jajaran Aparat penegak Hukum (APH) yang dalam penegakan Hukum terhadap kasus kekerasan seksual terhadap anak di daerah masing-masing,”terang Sapta.

Kapolda menyampaikan kepada masyarakat perlunya cctv di rumah masing- masing dan itu bisa membantu kerja polisi dalam mengungkapkan suatu kejahatan, contoh beberapa kasus yang mana saksi tidak ada tapi ada bukti rekaman cctv dari masyrakat hingga pelaku dapat tetangkap dengan cepat,” ucap Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat usai pertemuan dengan Pengurus KPAD Babel.

Dipenghujung kegiatan tersebut  Ka. KPAD Babel memberikan penghargaan dan plakat kepada Kapolda Babel dan begitu pula dengan Kapolda  Babel juga memberikan cinderamata kepada Ka.KPAD Babel.