Fokus Armada Sampah. DLH Halbar Hadirkan Satu Unit Eksafator Dari Kementrian

Laporan Jurnalis : Asirun

Halmahera Barat – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), terus melakukan terobosan untuk mengatasi persolan sampah di Halbar.

Terobosan yang dilakukan dengan cara meminta bantuan Armada Sampah di Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruan (PUPR). Armada sampah yang diusulkan ke KemenPUPR itu, dua unit Mobil Tinja dan Timbangan Sampah, sehingga Sampah di Halbar bisa ditangani dengan Baik.

Kadis DLH Halbar

”Tahun ini sudah kita usulakan ke Kemen PUPR melalui Dirjen Cipta Karya, untuk pengadaan dua unit Mobil Tinja dan timbangan sampah,”ungkap Kepala DLH Muhammad Adam, kepada wartawan Minggu (12/1/20).

Muhammad menambahkan, dari tahun 2019 hingga tahun ini, pihaknya masih fokus pada pengadaan Armada sampah, disamping melakukan pengangkutan sampah dengan peralatan se adanya, namun usulan di tahun 2019 untuk bantuan satu unit eksafator telah dikabulakan, sehingga eksafator yang sudah ada dari Dirjen Cipta Karya itu, akan ditempatkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Taruba, Kecamatan Sahu.

”Alhamdulilah kita sudah dapat bantuan satu yunit eksafator dari kementerian PUPR melalui dirjen cipta karya,”katanya.

Boger sapaan akrab Muhammad mengaku, pengelolaan sampah bukan hanya menjadi tanggungjawab DLH, namun menjadi tanggunjawab semua masyarakat Halbar, karena untuk menjadi sehat, maka lingkungan harus bersih dari sampah.

”Kita tetap berupaya menyiapkan armada, namun kami juga berharap kepada warga untuk tetap membuang sampah pada tempatnya, sehingga petugas melasa gampang dalam mengangkut sampah,”pungkasnya.