PD Diminta Cepat Umumkan Proyek

Laporan Jurnalis : Asirun

Halmahera Barat —Bupati Halmahera Barat Danny Missy, memerintahkan seluruh PD (Perangkat Daerah) mempercepat proses pengumuman dan tender proyek fisik tahun anggaran 2020.

Danny memberi deadline sampai dengan pertengahan tirwulan pertama yakni awal februari ini.

Ketua Perhimpunan Tani dan Nelayan Malut ini menargetkan, dokumen kontrak kegiatan 2020, sudah bisa ditanda tangani rekanan bersama PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) bulan maret nanti.

Sehingga keinginan orang nomor satu Pemda Halbar ini, memasuki triwulan kedua atau bulan april, rekanan atau kontraktor sudah memulai pekerjaan.

Hal ini disampaikan Bupati Danny, saat penandatangan perjanjian kinerja 2020 antara Bupati dengan seluruh pimpinan Perangkat Daerah (SKPD), di lobi lantai dua Kantor Bupati, senin, (03/02) pagi.

“Saya berharap di februari minggu pertama ini, sudah harus dilaksanakan tender-tender perencanaan. Masuk pada bulan maret sudah harus ada kontrak fisik yang jalan, tidak ada lagi alasan-alasan, karena saya targetkan, bulan april-mei pekerjaan sudah harus mulai,”kata Danny.

Acara penandatangan perjanjian kinerja yang dirangkai dengan penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun anggaran 2020 kepada pimpinan PD tersebut, Bupati Danny juga memerintahkan seluruh pimpinan PD agar berkoordinasi dengan Sekda dalam setiap program dan kegiatan.

Dia juga mewanti-wanti para Camat agar memaksimalkan tugas dan kewenangan yang telah didelegasikan dalam menata belanja pegawai, sebab, menurutnya, pos belanja tersebut perlu ada pembenahan atau perbaikan dari tahun ke tahun.

Sementara Sekda Syahril Abd Radjak, selaku ketua tim anggaran Pemda Halbar, dalam kesepatan itu menambahkan, penandatangan perjanjian kinerja merupakan suatu komitmen kepala PD sebagai penerima amanah dengan Bupati sebagai pemberi amanah.

Dokumen ini lanjut Syahril, akan menjadi tolak ukur bagi Bupati dalam melalukan evaluasi kinerja PD.

Penandatanganan komitmen kerja tersebut bertujuan untuk meningkatan integritas, akuntabilitas, transparansi dalam mengelolah anggaran.

“Sehingga saya berharap kita semuanya dalam satu komando mensukseskan program-program Bupati untuk memajukan daerah ini.” pinta Syahril.