LSM Peduli Menumbing Andil Antisipasi Banjir

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 24/3/2020, MUNTOK – Sungai kampung uluh Kelurahan Tanjung Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat mengalami pendangkalan hingga dilakukan pengerukan guna menghindari banjir yang kerap terjadi diwilayah pasar Muntok, hal tersebut membuat salah satu LSM yang ada di wikayah kabupaten Bangka Barat yang diketuai Fani Tamboza (LSM Peduli Menumbing) ikut peduli dan ambil bagian dalam mengurangi dan mengantisipasi banjir dengan jalan melakukan pengeruk alur sungai yang dangkal dengan menggunakan Alat berat Excavator (PC). Sabtu (21/3/2020).

Ketua LSM Peduli Lingkungan Fani Tamboza kepada awak media posberitanasional.com mengatakan “Pengerukan alur sungai ini murni kami lakukan sebagai bentuk kepedulian kami untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang sering terjadi di pasar Muntok saat musim hujan tiba, pengerukan alur sungai ini sudah pernah dilakukan sebelumnya dan ini yang ketiga kalinya dilakasnakan,” kata Ketua LSM Peduli Lingkungan.

“Kegiatan pengerukan alur sungai ini kami lakukan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Barat, pembiayaannya melalui swadaya masyarakat, para donatur dan lain-lain. meski dengan dana yang minim pengerukan alur sungai tetap berjalan yang kami rencanakan selama empat hari,” jelas Fani Tamzona.

Ditambahkannya, Mudah-mudahan dengan adanya kepedulian ini teman-teman organisasi lain khususnya masyarakat yang ada disekitar wilayah ini (Pasar Muntok.red) bisa ikut andil membantu minimal menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarang apa lagi membuang sampah di sungai,” Harapnya.